Kompetensi Utama

Layanan


Lapan Siap Sediakan Data untuk Kemaritiman
Penulis Berita : Humas/Meg • Fotografer : Humas/Meg • 05 Nov 2014 • Dibaca : 37563 x ,

Lapan, BPPT, BIG, dan Kementerian Kelautan dan Perikanan membahas data penginderaan jauh yang perlu disiapkan untuk kemaritiman.

Lapan menyelenggarakan pembahasan kerja sama antar kementerian dan lembaga, Rabu (5/11). Pembahasan terkait data penginderaan jauh dan pemanfaatannya untuk mendukung kelautan dan perikanan ini diikuti oleh BPPT, Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan BIG. Kegiatan ini merupakan side event Pan Ocean Remote Sensing Conference (PORSEC) 2014 yang berlangsung di Sanur, Bali.

Deputi Bidang Penginderaan Jauh Lapan mengatakan, Dr. Orbita Roswintiarti, side event ini bertujuan untuk membahas hal-hal yang ingin dicapai dari program kemaritiman pemerintah. Dalam pembahasan ini, ia menyatakan kesiapan Lapan dalam memberikan dukungan data dan informasi penginderaan jauh untuk kebutuhan program kemaritiman. Untuk itu, pertemuan ini diperlukan guna merumuskan kebutuhan data tersebut.

Ia juga menjelaskan bahwa Lapan memiliki data penginderaan jauh satelit seluruh wilayah laut dan pesisir Indonesia. Lapan juga siap melakukan pemutakhiran data pulau-pulau kecil dengan menggunakan citra satelit SPOT 5, 6, dan 7 yang memiliki resolusi 2,5 hingga 1,5 meter. Ia juga menyatakan bahwa Lapan siap menyediakan potret satelit pelabuhan-pelabuhan di Indonesia guna pengembangan wilayah laut nasional.

Dari pembahasan tersebut disimpulkan bahwa penginderaan jauh dapat berkontribusi dalam sumber daya kemaritiman misalnya untuk perikanan dan pemantauan kapal laut. Data penginderaan jauh juga dapat memberikan informasi mengenai tata ruang laut sehingga dapat memaksimalkan pemanfaatannya. Informasi tersebut termasuk jumlah klorofil, salinitas, dan kecerahan laut, yang sangat bermanfaat untuk mengetahui keberadaan ikan.

Selain itu, untuk tata ruang wilayah pesisir, Lapan siap memberikan data beresolusi tinggi. Selain itu, data penginderaan jauh juga akan sangat bermanfaat untuk kebutuhan pariwisata, misalnya untuk pemetaan daerah peisisir serta pengembangan sarana dan prasarana di wilayah tersebut.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL