Kompetensi Utama

Layanan


Lapan Ikuti Pameran PORSEC
Penulis Berita : Humas/Meg • Fotografer : Humas/SGD • 07 Nov 2014 • Dibaca : 53268 x ,

Gerai pameran Lapan di PORSEC 2014

Lapan mengikuti pameran Pan Ocean Remote Sensing Conference (PORSEC) 2014 pada 4 hingga 6 November di Sanur, Bali. Dalam pameran ini, Lapan menampilkan hasil-hasil penelitian dan pengembangan penerbangan dan antariksa yang berkaitan dengan bidang kemaritiman.

Dari aspek teknologi keantariksaan, Lapan menampilkan citra satelit pulau-pulau terluar nusantara. Lapan juga menampilkan hasil-hasil penelitian penginderaan jauh terkait maritim. Selama ini, informasi penginderaan jauh yang dimiliki Lapan telah dimanfaatkan untuk pemantauan pulau terluar, penentuan Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI), ketahanan pangan, informasi terumbu karang, pemantauan lingkungan, serta mitigasi bencana.

Bukan hanya menyediakan data penginderaan jauh untuk kemaritiman, dalam pameran tersebut, Lapan juga menampilkan program pengembangan satelit. Lapan A2, satelit kedua buatan Lapan, sedang menunggu untuk diluncurkan. Satelit berorbit ekuatorial ini memiliki misi untuk pemantauan maritime. Satelit ini dilengkapi dengan muatan Automatic Identification System (AIS)yang berfungsi untuk mengidentifikasi kapal laut.

Di bidang penerbangan, Lapan juga menampilkan dukungan dari bidang ini untuk misi kemaritiman nasional. Lapan menampilkan Lapan Surveillance UAV (LSU)-02 atau pesawat tanpa awak. Pesawat ini dilengkapi kamera sehingga dapat memberikan potret udara untuk melengkapi data penginderaan jauh satelit. LSU-02 Lapan telah mendapatkan rekor MURI pada 2013 sebagai pesawat tanpa awak yang terbang terjauh dengan menempuh jarak 200 kilometer.

Guna mendukung kemaritiman, dalam pameran tersebut, Lapan juga menampilkan informasi mengenai kegiatan penelitian dan pengembangan Lapan dalam bidang sains atmosfer. Penelitian mengenai kondisi atmosfer juga diperlukan untuk mendukung berbagai kegiatan terkait kemaritiman.

Pameran ini diikuti instansi terkait penginderaan jauh baik nasional maupun internasional.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL