Kompetensi Utama

Layanan


Lapan Gali Potensi Pemanfaatan Teknologi Keantariksaan Bagi Wilayah Timur Indonesia
Penulis Berita : Humas/SA • Fotografer : Humas/SA • 10 Nov 2014 • Dibaca : 14601 x ,

Sosialisasi Undang-undang No. 21 Tahun 2013 Tentang Keantariksaan di Biak

Balai Penjejakan dan Kendali Wahana Antariksa (BPKWA) Lapan di Biak melaksanakan kegiatan sosialisasi Undang Undang Keantariksaan dan Kontribusi Lapan ke Daerah kepada perangkat pemerintahan daerah serta pemangku kepentingan terkait di Biak, pada Rabu – Kamis, 5 – 6 November 2014 di Hotel Asana, Biak, Papua.

Acara tersebut dibuka oleh Kepala Pusat Sains Antariksa Lapan, Clara Y. Yatini. Dalam sambutannya, Clara menjelaskan tugas pokok Lapan yaitu melaksanakan tugas pemerintahan di bidang penelitian dan pengembangan iptek kedirgantaraan dan pemanfaatannya sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

“Dalam menyelenggarakan fungsinya, Lapan melakukan pengkajian dan penyusunan kebijakan nasional di bidang litbang kedirgantaraan dan pemanfaatannya. Balai di Biak berfungsi untuk pemantauan, pemberian bimbingan dan pembinaan terhadap kegiatan instansi pemerintah di bidang kedirgantaraan dan pemanfaatannya,” Clara menjelaskan.

Selama ini, hasil litbang Lapan telah banyak dimanfaatkan untuk negeri. Clara mengatakan, kontribusi ini ditandai dengan banyaknya daerah yang sudah dibimbing dan dibina oleh Lapan berkaitan dengan tata ruang, inventarisasi sumber daya alam, dan pemetaan dengan data penginderaan jauh.

Clara melanjutkan bahwa sosialisasi ini merupakan perwujudan kemandirian kegiatan keantariksaan nasional dan potensi pemanfaatan teknologi keantariksaan bagi wilayah Timur Indonesia. Ia berharap, kegiatan ini dapat menambah pengetahuan dan membuka wawasan peserta pada pentingnya peningkatan pengembangan seluruh kegiatan keantariksaan untuk mewujudkan kemandirian bangsa dan mampu memberikan kontribusi yang lebih pada pembangunan nasional.

Dalam sosialisasi tersebut, Asisten I Bupati Biak Numfor, Heri Mulyana, menyambut baik acara ini. “Pemerintah daerah menyambut baik dengan kegiatan sosialisasi ini dan menyampaikan pentingnya Undang Undang keantariksaan ini untuk diketahui oleh pemerintah dan masyarakat di Kabupaten Biak Numfor. Undang Undang tersebut menjelaskan tentang kegiatan keantariksaan dan peran serta masyarakat dalam pelaksanaan keantariksaan,” ujarnya.

Pada acara tersebut, dipaparkan secara lengkap tugas pokok dan fungsi Lapan oleh masing-masing pimpinan satuan kerja Lapan dari tiga kedeputian, yaitu Deputi Bidang Penginderaan Jauh, Deputi Bidang Teknologi Dirgantara serta Deputi Bidang Sains dan Pengkajian Informasi Kedirgantaraan. Acara tersebut diikuti oleh 60 peserta yang terdiri dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Biak Numfor, TNI, Polri, Bappeda Provinsi Papua dan Papua Barat, serta Perguruan Tinggi di Biak


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL