Kompetensi Utama

Layanan


Lapan Gelar Konferensi Penerbangan dan Satelit Penginderaan Jauh
14 Nov 2014 • Dibaca : 41967 x ,

Lapan akan menyelenggarakan The International Conference on Aerospace Electronics and Remote Sensing Satellite (ICARES) 2014. Konferensi ini akan berlangsung pada 13 hingga 14 November 2014 di Hotel Sheraton, Yogyakarta. Dalam konferensi ini akan dibahas mengenai pemanfaatan pesawat tanpa awak atau UAV, teknologi satelit mikro, dan aplikasi penginderaan jauh di wilayah tropis. Para peneliti akan membahas hasil penelitian mereka di bidang tersebut.

UAV, satelit mikro, dan penginderaan jauh menjadi komponen yang penting dalam pembangunan wilayah. Pesawat tanpa awak atau UAV saat ini telah menjadi kebutuhan pemantauan negara karena dapat memberikan data yang akurat. Kelebihan lainnya, pemantauan menggunakan UAV membutuhkan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan menggunakan pesawat terbang berpenumpang ataupun dengan kapal laut. Selain itu, UAV juga memiliki risiko yang lebih kecil bila dioperasikan dalam lingkungan yang sulit seperti cuaca ekstrem.

Satelit mikro juga tidak kalah penting untuk dikembangkan. Teknologi sangat diperlukan karena menjadi sarana bagi para peneliti untuk membangun satelit. Selama ini, pembuatan satelit dikuasai oleh industri besar, namun dengan adanya satelit mikro maka para peneliti dapat belajar untuk menguasai teknologi tersebut.

Kebutuhan data penginderaan jauh saat ini sangat tinggi. Data tersebut selama ini diperoleh melalui satelit penginderaan jauh. Hanya saja, teknologi ini menghadapi tantangan di wilayah tropis seperti Indonesia. Hal ini disebabkan, wilayah tropis kerap diliputi awan sepanjang tahun sehingga satelit penginderaan jauh bersensor optis yang banyak dipergunakan saat ini tidak mampu menyediakan citra yang bersih. Untuk itulah, diperlukan berbagai penelitian untuk mengatasi tantangan ini.

ICARES 2014 juga didukung oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE). IEEE adalah asosiasi profesional terbesar yang dalam meningkatkan inovasi teknologi untuk kemanusiaan. ICARES bertujuan sebagai sarana berbagi pengetahuan bagi para peneliti yang bekerja di bidang elektronika aeronautika dan penginderaan jauh. Konferensi ini dihadiri oleh berbagai lembaga internasional.








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL