Kompetensi Utama

Layanan


Lapan Dukung Satelit Penginderaan Jauh
Penulis : - • Media : beritanet.com • 12 Nov 2014 • Dibaca : 37169 x ,

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mendorong kerja sama pengembangan satelit nasional sehubungan dengan teknologi penginderaan jauh. Menurut Thomas Djamaludin, Kepala LAPAN, satelit tersebut menjadi satelit operasional juga sebagai pembelajaran untuk menguasai teknologi satelit. Ia juga menandaskan jika ke depan, pihaknya berupaya menjadi lembaga mandiri untuk pengembangan penginderaan jauh.

Upaya LAPAN menuju lembaga mandiri untuk satelit penginderaan jauh ini sudah dimulai pada 2007 silam. Hal ini berpangkal pada alasan jika selama ini, Indonesia masih memanfaatkan data dari lembaga internasional dalam hal penginderaan jauh. Padahal, hal ini menyita banyak pengeluaran negara.

Satelit penginderaan jauh yang diluncurkan pada 7 tahun silam tersebut adalah LAPAN Tubesat atau disebut pula LAPAN A1. Satelit tersebut merupakan satelit eksperimen mikro yang dilengkapi dengan kamera video. Namun, karena sudah “bekerja’ cukup lama, LAPAN A1 sudah menurun kinerjanya.

Oleh karena itu, LAPAN kembali menyiapkan dua satelit baru sebagai penggantinya. Suksesor LAPAN A1 tersebut adalah LAPAN A2 dan LAPAN A3. LAPAN A2 dikabarkan akan bermuatan kamera penginderaan jauh, deteksi kapal laut dan komunikasi radio amatir. Rencananya, satelit ini akan diluncurkan pada pertengahan tahun depan. Sementara pada akhir 2015, LAPAN A3 yang kini masih dalam tahap integrasi dan pengujian juga akan diluncurkan. Demikian Antara News.

Sumber :
http://beritanet.com/Technology/Berita-IT/Lapan-Dukung-Satelit-Penginderaan-Jauh.html








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL