Kompetensi Utama

Layanan


Pertengahan 2015, Lapan Siap Luncurkan Satelit Untuk Pantau Kapal
Penulis : Iy • Media : beritanet.com • 18 Nov 2014 • Dibaca : 43406 x ,

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) berencana meluncurkan satelit A2 Orari. Satelit ini khusus untuk memantau kapal di seluruh perairan Nusantara. Rencananya, satelit pengintai itu akan dilucurkan pada pertengahan tahun depan.

Menurut Thomas Djamaluddin, Kepala Lapan, Indonesia harus memiliki kemampuan yang unggul terkait dengan dengan unmaned aerial vehicle (UAV) dan satelit. Terlebih mengingat keberadaan Indonesia sebagai negara maritim. Sejalan dengan hal tersebut, Lapan kini terus mengembangkan dua hal tersebut dan membuat satelit A2 Orari.

Satelit yang akan diluncurkan tahun depan tersebut merupakan pengembangan dari satelit A1 Tub Sat yang diluncurkan 2007 silam. Di samping akan berguna dalam pengambilan citra, A2 Orari itu juga akan bertindak sebagai pendeteksi kapal melalui automatic identification system (AIS). Sesuai fungsinya, Lapan A2 Orari dibekali dengan kamera penginderaan jauh dan pendeteksi kapal otomatis serta perangkat komunikasi radio amatir.

Sementara itu, di samping mempersiapkan A2, Lapan juga tengah Lapan A3. Generasi penerus A2 itu saat ini tengah memasuki tahap integrasi dan pengujian. Menurut rencana, A3 akan dilucurkan pada akhir 2015.

Sumber :
http://beritanet.com/Technology/Berita-IT/Lapan-Siap-Luncurkan-Satelit-Untuk-Pantau-Kapal.html








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL