Kompetensi Utama

Layanan


Pelayanan Publik yang Prima Wujudkan Good Governance
Penulis Berita : Humas/EN • Fotografer : Humas/EN • 26 Nov 2014 • Dibaca : 1297 x ,

Sekretaris Utama Lapan membuka sosialisasi kebijakan pelayanan publik.

Lapan menyelenggarakan Sosialisasi Kebijakan Pelayanan Publik. Kegiatan ini berlangsung di Balai Pertemuan Dirgantara Kantor Pusat Lapan, Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (24/11). Sosialisasi diikuti oleh pejabat struktural Lapan.

Dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Utama Lapan menyampaikan bahwa Lapan telah memiliki berbagai capaian pada pelayanan publik. Capaian tersebut yaitu mendapatkan peringkat ke-8 predikat kepatuhan standar pelayanan publik dari Ombudsman pada Juli 2014 dengan nilai 880. Lapan juga memperoleh ISO 9001:2008. Prestasi ini akan terus ditingkatkan. Ia menambahkan, Lapan saat ini menekankan pada program peningkatan kompetensi dan pelayanan publik.

Pelayanan publik tersebut sangat penting. Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PAN dan RB, Mirawati Sudjono, dalam paparannya mengenai Pelayanan Publik Menuju Good Governance mengatakan bahwa program reformasi birokrasi bertujuan untuk menciptakan birokrasi yang bersih dan melayani. Maksudnya yaitu, bersih dari korupsi, kolusi, dan nepotisme (KKN), serta politisasi. Selain itu, aparat birokrasi juga harus kompeten terhadap tugas dan tanggung jawab yang diemban dalam melayani masyarakat serta dunia usaha atau investasi.

Ia melanjutkan, good governance memerlukan birokrasi yang cepat dan professional sehingga mampu memberikan pelayanan prima pada masyarakat dan investor. Selain itu, tidak boleh ada penyelewengan dan penyalahgunaan keuangan negara di instansi pemerintah.

Setelah reformasi birokrasi, Mirawati mengatakan, pemerintah harus berubah. Aparat birokrasi saat ini harus melayani, berorientasi pada outcome, kompeten, sederhana, dan bersih dalam melaksanakan pelayanan publik. Pelayanan tersebut baik barang dan jasa publik, maupun administratif. Hal ini harus dilaksanakan sesuai dengan Undang-undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL