Kompetensi Utama

Layanan


Lapan Diminta Hasilkan Teknologi yang Terserap Industri
Penulis : jno • Media : antarasumbar.com • 27 Nov 2014 • Dibaca : 7120 x ,

Bogor, (Antara Sumbar ) - Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi M Nasir meminta Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional menghasilkan teknologi penerbangan dan keantariksaan yang bisa diserap sektor industri.

Dalam sambutan yang dibacakan Staf Ahli Menristek Bidang TIK dan Transportasi I Wayan Budiastra pada Sosialisasi dan Lokakarya
Peningkatan Peran Lapan dalam Penyediaan Data dan Informasi Penginderaan Jauh untuk Mendukung Perencanaan Tata Ruang dan Kemaritiman di Rumpin, Bogor, Kamis, Menristek Dikti mengatakan untuk menjadi center of excellent tantangan bagi LAPAN adalah menghasilkan teknologi yang dapatdimanfaatkan industri.

"Pemerintah menginginkan lembaga-lembaga riset dan pengembangan teknologi yang mendapat dana dari pemerintah bisa mempertanggungjawabkan dengan hasil," katanya.

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristek Dikti), ia mengatakan mengharapkan peningkatan kualitas riset, teknologi, hingga pelayanan sehingga dapat diakui pemangku kepentingan khususnya industri.

"Saya sambut visi LAPAN untuk menjadi Center of excellent Aviation Technology Indonesia di 2025," ujar dia.

Investasi riset untuk meningkatkan inovasi, ia mengatakan tentu penting di masa depan sebagai modal peningkatan daya saing nasional. Saat ini Indonesia berada di urutan ke-77 untuk urusan kesiapan teknologi, ke-46 untuk riset, dan ke-31 dari 144 negara untuk inovasi.

"Hanya lima persen hasil riset dapat dikomersialkan industri setiap tahunnya," ujar dia.

Karena itu, ia mengatakan LAPAN hendaknya bisa meningkatkan hasil riset dan pengembangan teknologinya sehingga dapat mendukung kemajuan industri yang sudah ada, dan memunculkan industri baru yang berkaitan dengan penerbangan dan keantariksaan.

"Litbangnya pun harus dikembangkan lebih profesional, sarana dan anggaran riset perlu ditambah. Untuk itu, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi akan mendukung dari sisi regulasi dan insentif," ujar dia. (*/jno)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL