Kompetensi Utama

Layanan


Lapan Siap Dukung Informasi untuk Kementerian Kelautan dan Perikanan
Penulis Berita : Humas/SA • Fotografer : Humas/SA • 14 Jan 2015 • Dibaca : 41587 x ,

Kepala Lapan dan Menteri KKP saat rapat koordinasi.

Kepala Lapan, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin, melaksanakan rapat koordinasi dengan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Susi Pudjiastuti, Selasa (13/1). Pertemuan berlangsung di komplek Menteri Widya Chandra, Jakarta Selatan. Dalam pertemuan tersebut, Thomas memaparkan kompetensi utama Lapan untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan potensi bidang kelautan dan perikanan.

“Melalui kapasitas dan kompetensi yang dimiliki, Lapan siap untuk memberikan informasi apapun yang diperlukan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan,” ujar Thomas.

Lapan, melalui Pusat Teknologi dan Data PenginderaanJauh (Pustekdata) yang juga merupakan Bank Data Pengideraan Jauh Nasional (BDPJN), memiliki berbagai data satelit yang diakuisisi melalui Stasiun Bumi Pare-pare, Rumpin, dan Pekayon. Kemudian, melalui Pusat Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh (Pusfatja) Lapan, data citra satelit tersebut diolah untuk berbagai kepentingan nasional diantaranya informasi untuk mitigasi bencana alam serta informasi sumber daya alam dan lingkungan.

Dalam bidang pesisir dan laut, informasi berbasis data citra satelit yang disediakan Lapan diantaranya informasi pulau kecil terluar, mangrove, dan terumbu karang. Untuk bidang perikanan, Lapan telah menyediakan berbagai informasi diantaranya informasi penentuan Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI), suhu permukaan laut, dan klorofil.

“Di masa mendatang, Lapan akan meningkatkan informasi bidang kelautan dan perikanan berbasis data penginderaan jauh. Hal ini untuk membantu program pemerintah dalam meningkatkan potensi bidang kelautan dan perikanan,” kata Thomas.

Susi menyambut baik komitmen Lapan tersebut. Susi memberi masukan agar informasi berbasis penginderaan jauh satelit yang dihasilkan Lapan bisa diakses secara luas oleh masyarakat, terutama nelayan. Susi menambahkan, data dan informasi berbasis penginderaan jauh satelit sangat berguna dalam mengambil keputusan.

“Saya suka bekerja dengan data (penginderaan jauh satelit-red) dan peta seperti ini. Ini memudahkan saya bekerja. Informasi kelautan dan perikanan yang komprehensif akan memudahkan pendekatan dan mengambil keputusan,” Susi menjelaskan.

Rapat tersebut dihadiri oleh Sekretaris Utama Lapan IL Arisdiyo, Deputi Penginderaan Jauh Lapan Dr. Orbita Roswintiarti, Kepala Biro Kerjasama dan Humas Lapan Agus Hidayat, Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Lapan Henny Setyaningsih, dan Kepala Pusat Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh Lapan Dr. M. Rokhis Khomarudin. Selain Menteri KKP, turut hadir Sekretaris Jenderal KKP Syarif Wijaya, Kepala Balitbang KKP Ahmad Purnomo dan Eselon II Balitbang KKP Aryo Handono.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL