Kompetensi Utama

Layanan


Lapan Serahkan Data Penginderaan Jauh Resolusi Tinggi pada 11 Instansi
Penulis : Ari Supriyanti Rikin • Media : beritasatu.com • 29 Jan 2015 • Dibaca : 34880 x ,

Jakarta - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) menyerahkan data penginderaan jauh resolusi tinggi kepada 11 instansi.

Data ini bermanfaat untuk berbagai kebutuhan, termasuk membangun rencana detil tata ruang (RDTR)

Deputi Bidang Penginderaan Jauh Lapan Orbita Roswintiarti mengatakan pengadaan data penginderaan jauh resolusi tinggi untuk pemerintah dan pemerintah daerah hanya dapat dilaksanakan oleh Lapan.

"Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2013 Tentang Keantariksaan dan Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2012 memberikan mandat kepada Lapan untuk melaksanakan penyediaan citra satelit penginderaan jauh untuk kebutuhan semua sektor," katanya di kantor Lapan Pekayon, Jakarta Timur, Kamis ( 29/1).

Orbita menambahkan saat ini Lapan melalui stasiun bumi penginderaan jauh di Pare-Pare telah menerima citra satelit resolusi tinggi SPOT 5 dengan resolusi spasial 2,5 meter, SPOT 6 dan SPOT resolusi 1,5 meter.

Diketahui, sitra satelit menjadi komponen penting dalam penyusunan RDTR. Citra akan menghasilkan peta pertanahan, tata batas kawasan hutan, lahan baku sawah, perencanaan lahan pertanian, pemetaan irigasi, deteksi dan pemantauan daerah pertambangan dan pembuatan blok sensus.

Selain citra resolusi tinggi, Lapan juga menerima secara langsung citra satelit resolusi menengah Landsat 7 dan 8 untuk kebutuhan pemantauan skala menengah.

Secara geometri citra SPOT 6 dapat digunakan untuk peta skala 1:5.000. Namun untuk kebutuhan yang lebih detil hingga resolusi sangat tinggi dengan resolusi spasial 60 cm dibutuhkan data plaides dengan biaya besar. Resolusi sangat tinggi ini bisa dipakai untuk peta skala 1:1.000.

"Untuk mencapai penyediaan citra, Lapan membutuhkan dukungan anggaran. Sebab Lapan menyediakan citra satelit dan Badan Informasi Geospasial membuat citra tegaknya atau informasi geospasial dasar atau peta dasarnya," paparnya.

Sementara itu 11 instansi yang menerima data penginderaan jauh berskala tinggi yakni Badan Informasi Geospasial, Badan Pengelola REDD+, Kementerian Pertanian, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Agraria dan Tata Ruang, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Badan Pusat Statistik, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Direktorat Tata Ruang dan Pertanahan Bappenas dan Direktorat Industri, Iptek, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bappenas.

Sumber :
http://www.beritasatu.com/iptek/244745-lapan-serahkan-data-penginderaan-jauh-resolusi-tinggi-pada-11-instansi.html








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL