Kompetensi Utama

Layanan


Ratusan Ahli Penginderaan Jauh Bertemu di IPB
Penulis : Wal • Media : ipb.ac.id • 09 Feb 2015 • Dibaca : 40098 x ,

Masyarakat Ahli Penginderaan Jauh Indonesia (MAPIN) didukung Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyelenggarakan Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) ke-XX, Kamis (5/2) di Auditorium Thoyib Hadiwijaya Fakultas Pertanian Kampus IPB Dramaga Bogor. Kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerjasama Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Dr Anas Miftah Fauzi ini dirangkai dengan Kongres MAPIN ke-VI yang berlangsung hingga Jumat (6/2).

Ketua MAPIN Prof (Riset) Dr Dewayani Sutrisno mengatakan, penginderaan jauh saat ini berperan penting di berbagai bidang, terutama dalam memberikan informasi yang memerlukan mekanisme pemantauan yang teratur dan berkesinambungan. Pemanfaatannya diaplikasikan untuk pemantauan sumberdaya alam, lingkungan, pertahanan, dan pertanian.

“Bukan itu saja, penginderaan jauh telah menjadi komponen yang penting dalam mitigasi bencana alam, seperti saat meletusnya Gunung Api Sinabung, Kelud, dan Merapi beberapa waktu silam. Penginderaan jauh telah memberikan informasi yang aktual dalam manajemen bencana gunung meletus tersebut,“ terangnya.

Wakil Rektor IPB Prof.Dr Anas Miftah Fauzi menyampaikan dukungan penuh IPB terhadap penyelenggaraan PIT ke-XX dan Kongres MAPIN ke-VI ini. Dikatakan, IPB telah bekerjasama dengan LAPAN dimulai pada tahun 2009, dan sekarang sedang mempersiapkan peluncuran satelit yang disebut dengan Lapan IPB Satelit (Lisat). Lisat digunakan sebagai sebuah konsorsium untuk pengembangan keilmuan di bidang satelit dan penginderaan jauh.

“Keilmuan penginderaan jauh sangat penting pada waktu pembuatan maping untuk menentukan lahan yang sesuai dengan penanaman padi. IPB dan semua sivitas akademika berharap bisa aktif dalam pembangunan nasional yang sesuai dengan kompetensi keilmuan yang ada di IPB, “ paparnya.

Kegiatan ini diisi oleh beragam stand dan poster. Ratusan peserta yang hadir berasal dari berbagai kalangan, seperti IPB, LAPAN, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Badan Informasi Geospasial (BIG), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), peneliti, praktisi dan pengembang teknologi penginderaan jauh dan sistem informasi geografis di Indonesia. (Wal)

Sumber :
http://news.ipb.ac.id/news/id/53bdffc62ea3121bf63f155a8cd20ce0/ratusan-ahli-penginderaan-jauh-bertemu-di-ipb.html








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL