Kompetensi Utama

Layanan


Lapan Selenggarakan Pelatihan Satelit ALOS-2
Penulis Berita : Humas/Firman • Fotografer : Humas/Firman • 11 Feb 2015 • Dibaca : 34962 x ,

Peserta mengikuti pembukaan training ALOS-2.

Lapan dan lembaga antariksa Jepang, JAXA, menyelenggarakan SAR Training ALOS-2. Kegiatan ini berlangsung pada 10 hingga 12 Februari 2015 di Ruang Training Kedeputian Penginderaan Jauh Lapan, Pekayon, Jakarta Timur. Pelatihan tersebut dalam rangka pemanfaatan data satelit ALOS-2.

Pelatihan diikuti oleh 29 peserta dari berbagai lembaga pemerintah dan perguruan tinggi antara lain Lapan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Pertanian, Kementerian ESDM, BPPT, BIG, ITB, IPB, dan Universitas Udayana.
Dalam pelatihan tersebut, peserta mempelajari mengenai Theory of SAR and ALOS-2 Data Handling, Land Cover Classification with SAR Data, Orthorectification, Slope Correction, Orthorectification and Slope Correction with Prism DEM, serta pemanfaatan SAR untuk bencana alam dan pertanian.

Menurut Kepala Bidang Sumber Daya Wilayah Darat Lapan, Bambang Trisakti, satelit ALOS-2 yang diluncurkan pada Mei 2014 ini memiliki berbagai kelebihan dibanding satelit ALOS-1. Kelebihannya yaitu resolusi spasialnya lebih tinggi dan mampu mengitari bumi dalam 14 hari sekali. Sementara itu, satelit pendahulunya mengitari bumi dalam waktu 49 hari sekali.

Pembukaan pelatihan ini dihadiri oleh perwakilan RESTEC Jepang, Masahila Hanzawa dan Makoto Ono, perwakilan dari ADB Yusuke Muraki, Kepala Biro Kerjasama dan Hubungan Masyarakat Lapan Agus Hidayat, dan Kepala Bidang Sumber Daya Wilayah Darat Bambang Trisakti.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL