Kompetensi Utama

Layanan


Genjot Produktivitas Kelautan, Pemda Gandeng Lapan
Penulis : Ivan Aditya • Media : Kedaulatan Rakyat Jogja Online • 12 Feb 2015 • Dibaca : 40848 x ,

YOGYA (KRjogja.com) - Potensi kelautan khususnya perikanan tangkap di DIY baru dimanfaatkan 50 persen, sedangkan setengahnya masih belum dioptimalkan. Guna menggenjot produktivitas nelayan dan memperkuat maritim DIY sesuai visinya menuju 'Among Tani Dagang Layar, Pemda DIY menjalin kerjasama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

Sinergi Pemda DIY dengan Lapan ini dituangkan melalui nota kesepahaman (MoU) yang ditandatangi langsung oleh Gubernur DIY, Sri Sultan HB X dengan Kepala Lapan, Thomas Jamaluddin di Gedhong Pracimosono Komplek Kepatihan Yogyakarta, Kamis (12/02/2015). Penandatangan MoU ini tentang pemanfaatan sains, penerbangan, teknologi, antariksa dan atmosfer untuk mendukung pembangunan DIY.

Kepala Bappeda DIY, Tavip Agus Rayanto mengatakan Lapan memiliki sumber daya teknologi yang dapat membantu pembangunan DIY. DIY sangan memerlukan sistem informasi yang aplikatif khususnya dalam bidang sains, antariksa dan atsmofer. Kerjasama Pemda DIY dengan Lapan ini untuk memantapkan bidang sains dan atsmofer dengan memanfaatkan teknologi antariksa tersebut.

Kerjasama ini meliputi penelitian, pengembangan, rekayasa hingan pengaplikasian seperti roket, satelit dan sebagainya. Kami akan melakukan pertukaran data, penyediaan sumber daya, peningkatan kapasitas SDM, deseminasi dan publikasi ilmiah serta kerjasama lain yang dipandang perlu dengan Lapan," tuturnya.

Kepala Lapan, Thomas menyampaikan MoU ini sebagai payung untuk semua kerja sama yang bisa dikembangkan di beberapa SKPD. Sementara itu, Kabid Permodelan Atmosfer Lapan, Didi Satriadi menambahkan dinamika atmosfer dan lautan berdampak luas terhadap aktivitas maritim sehinggainformasi mengenai kondisi atmosfer dan lautan serta prediksinya sangat penting dalam mendukung kinerja di sektor pembangunan.

"Produksi perikanan tangkap di DIY seharusnya bisa meningkat karena baru 50 persen yang dimanfaatkan. Dalam 3 tahun kedepan, kami akan membangun Sistem Pendukung Kebutuhan, Sistem Embaran Maritim dan pengamaan atmosfer maupun daratan. Kami menggunakan Semar atau sistem informasi yang kali ini dikerjasamakan dengan DIY" ujarnya.

Kejasama ini diharapkan dapat meningkatan kualitas layanan kepada masyarakat bidang kelautan dan perikan serta meningkatan akuntabilitas lembaga penelitian khususnya Lapan dalam memberikan dampak terhadapan pembangunan. Pemda DIY merupakan daerah pertama yang dibidik Lapan untuk mengembangkan sistem ini yang nantinya akan disusul dan menjadi contoh provinsi lainnya untuk meningkatkan keselamatan maupun potensi maritim dan kelautan nusantara. (M-3)

Sumber
http://krjogja.com/read/248489/genjot-produktivitas-kelautan-pemda-gandeng-lapan.kr








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL