Kompetensi Utama

Layanan


Pelatihan ALOS-2, Satelit Radar Berikan Data Bebas Awan
Penulis Berita : Humas/ZAK • Fotografer : Humas/ZAK • 12 Feb 2015 • Dibaca : 36443 x ,

Peserta mengikuti pelatihan mengolah data satelit ALOS-2

Lapan dan lembaga antariksa Jepang, JAXA, menyelenggarakan pelatihan dan workshop pengolahan data satelit ALOS 2 pada 10 hingga 12 Februari 2015 di Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh Lapan, Pekayon, Jakarta Timur.

Satelit Advanced Land Observing Satellite (ALOS) 2 diluncurkan oleh Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) pada Mei 2014, sebagai pengganti Satelit ALOS 1 yang sudah berakhir masa orbitnya pada 2011. Satelit ini dilengkapi dengan Synthetic Aperture Radar (SAR), dua sensor optic, dan sensor Phased Array Type L-Band Synthetic Aperture Radar (PALSAR-2 ). Dengan demikian, ALOS PALSAR 2 mempunyai kelebihan yaitu resolusi spasial lebih detail dan resolusi temporal lebih cepat.

Data ALOS-2 dapat digunakan untuk pemantauan sumber daya alam, mitigasi bencana alam, pemetaan biomas untuk menghitung emisi karbon, pemantauan pertumbuhan tanaman pertanian dan perkebunan, pemantauan penurunan level tanah, dan untuk mendeteksi kapal pencuri ikan ilegal.

Penggunaan data ALOS-2 sangat cocok untuk wilayah Indonesia yang terletak di daerah tropis dan mempunyai kondisi tutupan awan tinggi. Data yang dihasilkan satelit ALOS 2 merupakan data satelit bebas awan, yang sangat baik untuk aplikasi pemetaan atau pengambilan objek di permukaan bumi.

Kepala Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh Dr. M. Rokhis Khomarudin dalam menjelaskan, workshop tersebut bertujuan agar para peserta dapat mengetahui spesifikasi, penggunaan, dan pengolahan data Satelit ALOS 2.

Pelatihan ini diikuti oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Pertanian, Kementerian ESDM, BPPT, BIG, ITB, IPB, dan Universitas Udayana. Dalam kegiatan tersebut, para peserta mempresentasikan enam proposal kegiatan yang memanfaatkan data ALOS 2 untuk berbagai bidang antara lain identifikasi perkebunan kelapa sawit dan sagu, pemantauan tanaman padi dan tebu, bencana gunung meletus dan tanah longsor, serta pencurian ikan dan tsunami.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL