Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Siapkan Teknologi Peningkatan Produksi Perikanan Tangkap DIY
Penulis : Wuri Damaryanti Suparjo • Media : RRI Jogjakarta • 13 Feb 2015 • Dibaca : 12155 x ,

KBRN, Yogyakarta: Gubernur DIY Sri Sultan HB X dan Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menandatangani kesepakatan bersama LAPAN dan Pemda DIY di Gedhong Pracimasono Kepatihan Yogyakarta Kamis (12/2/2015).

Dalam kesempatan yang sama juga ditandatangani pula perjanjian kerja bersama Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer LAPAN dengan Dinas Kelautan dan Perikanan DIY tentang sistem pendukung keputusan Maritim Keselamatan Pelayaran dan Peningkatan Produksi Perikanan Tangkap.

Kepala Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer PSTA LAPAN - Halimurahman usai penandatanganan perjanjian kerja bersama mengatakan, kerjasama LAPAN dengan Pemda DIY ini pertamakali di Indonesia. Salah satunya karena DIY memiliki konsep Among Tani Dagang Layar yang menjadikan laut sebagai halaman depan.

Dalam kerjasama yang direncanakan berlangsung selama 3 tahun ke depan ini, LAPAN akan berupaya menyediakan teknologi untuk membantu pengembangan perikanan tangkap di DIY, Antara lain pemetaan potensi laut dan sistem informasi cuaca yang bisa diakses nelayan di laut.

"Dgn teknologi yang disiapkan LAPAN, nelayan akan mengetahui pasti kondisi laut, baik cuaca maupun potensi ikan yang ada di dalamnya. Sehingga produktivitas meningkat", Ungkap Halimurahman.

Dalam pelaksanaannya, LAPAN dan DInas kelautan perikanan diy akan memulai survey spesifikasi kebutuhan perancangan sistem di 2015, pembangunan dan pengujian sistem 2016, serta implementasi dan bimtek di 2017.

Jika kerjasama ini berhasil, kerjasama sejenis akan dikembangkan di seluruh Indonesia.

Sumber : http://rri.co.id/yogyakarta/post/berita/139676/teknologi/lapan_siapkan_teknologi_peningkatan_produksi_perikanan_tangkap_diy.html








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL