Kompetensi Utama

Layanan


Satelit Deteksi Daerah Tergenang di DKI
Penulis Berita : Humas/Meg, dok. Pusfatja • Fotografer : dok. Pusfatja • 13 Feb 2015 • Dibaca : 37272 x ,

Sesuai dengan amanat Undang-undang No. 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan dan Inpres No. 6 Tahun 2012, Lapan bertugas untuk menyediakan data penginderaan jauh untuk kebutuhan nasional. Data tersebut dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, salah satunya yaitu untuk mitigasi bencana.

Dalam mitigasi bencana, data satelit penginderaan jauh dapat memberikan informasi untuk mendukung dalam penanganan bencana. Informasi tersebut mencakup citra wilayah sebelum bencana, saat terjadi bencana, dan setelah bencana.

Saat terjadi bencana, Lapan aktif memberikan data berbasis satelit penginderaan jauh kepada instansi terkait. Data tersebut terus diperbarui untuk memberikan informasi kepada para pemangku kepentingan dan masyarakat. Hal ini akan membantu dalam penanganan bencana alam.

Berikut adalah analisis daerah tergenang berbasis data satelit penginderaan jauh di DKI Jakarta. Analisis diperoleh dari data satelit ALOS PALSAR sebelum banjir pada 8 Februari 2010, ALOS PALSAR 2 saat banjir pada 11 Februari 2015, dan titik lokasi banjir.
Dari data satelit tersebut, terdeteksi daerah banjir dengan menggunakan deteksi perubahan yang diakuisisi berdasarkan data sebelum banjir dan saat terjadinya banjir.



Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL