Kompetensi Utama

Layanan


Webometrics dan PEGI, Lapan Tingkatkan Layanan Publik melalui E-goverment
Penulis Berita : Humas/Fau • Fotografer : dok. Thomas Djamaluddin • 20 Feb 2015 • Dibaca : 3719 x ,

Lapan berada di posisi 666 dalam pemeringkatan Webometrics.

Lapan terus berupaya meningkatkan layanan publik kepada masyarakat. Indikatornya terlihat dari nilai Pemeringkatan E-Goverment Indonesia (PEGI) dan Webometrics yang Lapan peroleh. Pada 2014, nilai PEGI Lapan berada di posisi 11 dari 24 LPNK yang berpartisipasi, dengan predikat "baik" untuk semua dimensi penilaian (kebijakan, kelembagaan, infrastruktur, aplikasi, dan perencanaan). Sementara itu, untuk Webometrics berada pada posisi 666 dari 70 ribu lembaga litbang di seluruh dunia. Untuk posisi lembaga litbang di Indonesia, pada Webometrics Januari 2015, Lapan menduduki peringkat tiga, naik satu tingkat dibandingkan pada pemeringkatan Webometrics periode Juli 2014.

Pemeringkatan ini menunjukkan eksistensi Lapan di dunia maya dan dukungannya terhadap gerakan global Open Access Initiative terhadap data-data ilmiah. Hal ini sekaligus melaksanakan amanah UU no 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik bagi institusi publik. Keberhasilan dalam pemeringkatan ini akan menambah motivasi peneliti Lapan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil penelitiannya dalam publikasi ilmiah.

Webometrics merupakan sistem perengkingan berbasis web untuk lembaga penelitian. Peserta dalam pemeringkatan tersebut meliputi universitas, lembaga penelitian, rumah sakit, dan sekolah bisnis. Sebagai pemeringkat independen yang diakui global, Webometrics "Ranking Web of World Research Centers” merupakan inisiatif dari Cybermetrics Lab, sebuah kelompok riset milik Consejo Superior de Investigaciones Cientificas (CSIC). Badan penelitian publik terbesar di Spanyol ini bertujuan untuk mempromosikan penelitian ilmiah dari seluruh dunia dan menunjukan tingkat kemajuan ilmiah dan teknologi di suatu negara dalam memberikan kontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Penilaian Webometrics ditentukan berdasarkan aksesabilitas, ketersediaan data, pemutakhiran konten situs maupun keterhubungannya dengan situs-situs lainnya dari situs induk.

Sementara itu, PEGI merupakan penilaian tahunan yang diprakarsai oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo). PEGI mengukur capaian pengembangan e-government secara nasional. Hasil dari penilaian tersebut dapat mencerminkan keseluruhan suatu institusi. Dengan kegiatan PEGI, Indonesia mempunyai peta kondisi keadaan pemanfaatakan TIK di lingkungan pemerintah secara nasional. Dengan demikian, akan memberikan dorongan serta menyediakan acuan bagi pengembangan dan pemanfaatan TIK di lingkungan pemerintah. Peta kondisi tersebut berupa kondisi kebijakan, kelembagaan, infrastruktur, aplikasi, dan perencanaan.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL