Kompetensi Utama

Layanan


Kerjasama Keantariksaan LAPAN Dengan Pemda dan Perguruan Tinggi
Penulis : MR • Media : Bedanews • 23 Feb 2015 • Dibaca : 47529 x ,

Jakarta, BEDAnews.com

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menandatangani nota kesepahaman dengan Universitas Telkom dan Unversitas Ahmad Dahlan, serta Enam Pemerintah Daerah di Indonesia. Kerjasama dengan Universitas Telkom terkait dengan pengembangan Satelit Nano/Piko yang bernama Tel-USAT yang dirancang untuk komunikasi dan mengamati benda diatas permukaan bumi.

Sedangkan kerjasama dengan Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta mencakup pemanfaatan dan pengembangan Ilmu Pengetahuan serta Teknologi Kedirgantaraan. “Kami ingin kompetensi dan layanan Lapan bisa memberikan manfaat bagi banyak pihak. Entah Pemerintah Pusat, Daerah, Perguruan Tinggi, dan Organisasi,” kata Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin seusai penandatanganan MOU dengan pemerintah daerah dan perguruan tinggi, kemarin.

Menurut Thomas, kerjasama seperti ini akan memperluas jaringan Lapan. Pihaknya akan lebih mudah mengetahui apa yang dibutuhkan oleh Pemerintah Daerah, Universitas, dan Organisasi.
Dia juga menambahkan, kerjasama ini merupakan upaya peningkatan pembangunan daerah dengan cara memanfaatkan teknologi penginderaan jauh dan sistem informasi goegrafis untuk inventarisasi, pemantauan, dan pengelolaan sumber daya alam serta lingkungan.

Kerjasama ini juga merupakan implementasi Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2013 tentang keantariksaan. Undang-Undang tersebut mengamanatkan Lapan untuk meningkatkan peran dalam membantu pemerintah daerah di Indonesia, terutama dalam bidang perencanaan pembangunan melalui pemanfaatan sains dan teknologi penginderaan jauh, tambahnya.

Guna mendukung program pembangunan daerah, enam pemerintah daerah di Indonesia menjalin kerjasama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Ruang lingkup kerja sama mencakup penelitian, pengembangan, perekayasaan, dan pemanfaatan sains antariksa, penginderaan jauh, teknologi dirgantara, diseminasi dan publikasi ilmiah serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia.

Kesepakatan dalam bidang pemanfaatan dan pengembangan sains dan teknologi kedirgantaraan ini ditandatangani Pemerintah Aceh, Pemkab Tanah Datar (Sumatera Barat), Pemkab Tulang Bawang Barat (Lampung), Pemkab Kotabaru (Kalimantan Selatan), Pemkab Kediri, dan Pemkab Blitar (Jawa Timur).

“Kerja sama ini upaya peningkatan pembangunan daerah dengan cara memanfaatkan teknologi penginderaan jauh dan sistem informasi geografis untuk inventarisasi, pemantauan dan pengelolaan sumber daya alam serta lingkungan. Dalam kerja sama tersebut, Lapan berkontribusi meningkatkan kemampuan pemerintah daerah dalam pengolahan dan analisis data satelit penginderaan jauh untuk inventarisasi dan pemantauan sumber daya alam,” jelas Kepala LAPAN, Prof. Thomas Djamaluddin, usai penandatanganan MoU, di kantor LAPAN, Rabu (18/2).

Adapun pihak-pihak yang melakukan penandatanganan MoU tersebut yaitu Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Kediri, Djoko Susilo, Bupati Kota Baru, H Irhami Ridjani, Bupati Blitar H Herry Noegroho, SE, MH, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Tanah Datar, Thamrin ST, Kepala Bappeda Kabupaten Kediri, Dede Sudjana S.Sos, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kab Blitar, Ir. Mangatas L tobing Msi, Sekretaris Utama Lapan Drs. I L. Arisdiyo Msi, dan Kepala Biro Kerjasama dan Humas LAPAN, Ir. Agus Hidayat. (MR/Hms)








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL