Kompetensi Utama

Layanan


Lapan dan Airbus Diskusi Pemanfaatan Data Citra Satelit
Penulis : Yudha Manggala P. Putra • Media : Republika.co.id • 24 Feb 2015 • Dibaca : 34891 x ,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) melakukan diskusi dengan Airbus Defense and Space terkait pemanfaatan data citra satelit beresolusi tinggi di berbagai bidang.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Lapan Jasyanto di Jakarta, Selasa (24/2), mengatakan kebutuhan data penginderaan jauh beresolusi tinggi bagi Indonesia saat ini semakin meningkat.

Data tersebut digunakan untuk berbagai bidang seperti pertanian, kehutanan, maritim, pemetaan, dan mitigasi bencana. Dengan data beresolusi tinggi, menurut dia, maka hasil pengamatan udara akan semakin detail dan mampu memberikan gambaran yang akurat untuk aplikasi di bidang-bidang tersebut.

Guna mengetahui seberapa luas sebenarnya pemanfaatan data citra satelit penginderaan jauh beresolusi tinggi di Indonesia, maka menurut Jasyanto, Lapan dan Airbus Defense and Space akan melakukan Focus Group Discussion (FGD) di Pusat Data dan Teknologi Penginderaan Jauh Lapan, Pekayon, Jakarta Timur.

Salah satu contoh pemanfaatan data penginderaan jauh beresolusi tinggi di bidang pertanian yaitu untuk mengamati fase masa tumbuh padi. Dengan satelit, ia mengatakan maka akan dapat diketahui usia tanaman padi sehingga dapat diprediksi waktu panennya.

Dari data satelit pula, lanjutnya, luas sawah di suatu wilayah dapat diketahui secara lebih akurat. Selain itu, bagi para pemangku kepentingan, kemampuan data satelit untuk mempredikasi jumlah panen padi ini tentunya dapat digunakan untuk memperkirakan adanya kekurangan ataupun surplus hasil panen.

Ia mengatakan data ini tentunya akan membantu dalam perencanaan pembuatan kebijakan terkait ketersediaan pangan nasional.

Sementara di bidang maritim, data penginderaan jauh beresolusi tinggi sangat membantu dalam pendeteksian keberadaan terumbu karang. Dengan demikian, maka dapat diketahui kondisi terumbu karang untuk upaya pelestarian dan pemanfaatannya sebagai potensi pariwisata.

Untuk mitigasi bencana, menurut Jasyanto, data satelit beresolusi tinggi tentunya akan dapat memberikan gambaran yang terperinci mengenai kondisi sebelum dan sesudah bencana. Data citra penginderaan jauh tersebut akan membantu dalam upaya pemulihan daerah pascabencana.

Bahkan, data citra satelit juga dapat mendeteksi wilayah-wilayah yang rawan bencana sehingga dapat membantu dalam mitigasi untuk meminimalkan dampak bencana.

Sedangkan dalam bidang pemetaan, citra satelit beresolusi tinggi akan memberikan data untuk peta berskala di bawah 1:5000. Peta tersebut saat ini sangat diperlukan untuk perencanaan pembangunan daerah di seluruh wilayah Indonesia.

Sumber :
http://trendtek.republika.co.id/berita/trendtek/elektronika/15/02/24/nk9zkc-lapan-dan-airbus-diskusi-pemanfaatan-data-citra-satelit








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL