Kompetensi Utama

Layanan


Lapan Gandeng Airbus Defence and Space Gelar FGD
Penulis : M.Idris • Media : lintasindonesia.com • 26 Feb 2015 • Dibaca : 37507 x ,

Jakarta, Lintas Indonesia -- Jakarta (lindo) - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) bekerjasama dengan Airbus Defence and Space menggelar kegiatan Forum Group Discussion (FGD) dalam rangka pemanfaatan satelit penginderaan jarak jauh yang beresolusi tinggi dapat digunakan untuk beberapa kebutuhan seperti untuk kebutuhan pertanian, kehutanan, maritim, pemetaan dan mitigasi bencana.

Menurut Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh, Dedi Irawadi, pemanfaatan satelit penginderaan jarak jauh dapat digunakan pada bidang pertanian dapat digunakan untuk fase masa tumbuh padi. Dengan satelit tersebut dapat diketahui usia tanaman padi, sehingga dapat diprediksi kapan panennya.

"Dengan satelit tersebut, dapat di pantau apakah padi itu sehat atau tidak, banjir atau tidak. Data ini tentunya, akan membantu dalam perencanaan pembuatan kebijakan terkait ketersediaan pangan nasional,"ungkap Dedi dalam keterangan persnya di kantor Lapan Pekayon, Jakarta Timur, Rabu (25/2).

Ditambahkan, penginderaan jauh juga dapat di gunakan untuk kebutuhan bidang maritim, yakni sangat membantu dalam pendektesian keberadaan terumbu karang untuk upaya pelestarian dan potensi pariwisata.

"Selain pada dua bidang tersebut, teknologi ini dapat juga dipergunakan untuk bidang mitigasi bencana. Dengan itu, data citra penginderaan jauh dapat memberikan gambaran yang terperinci mengenai kondisi sebelum dan sesudah bencana,"jelasnya.

Masih menurutnya, data citra satelit ini juga dapat mendekteksi wilayah-wilayah yang rawan bencana, sehingga dapat membantu dalam mitigasi untuk meminimalkan dampak bencana.

Dalam FGD kali ini pihak Lapan merangkul Kementerian Pertanian maupun Kementerian Pekerjaan Umum. (es)

Sumber : http://lintasindonesia.com/berita-397-lapan-gandeng-airbus-defence-and-space-gelar-fgd.html








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL