Kompetensi Utama

Layanan


Panen Padi Bisa Dipantau Lewat Satelit
Penulis : Dody Hasanuddin • Media : wartakota.tribunnews.com • 27 Feb 2015 • Dibaca : 33718 x ,

WARTA KOTA, PEKAYON - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyediakan data satelit resolusi tinggi untuk memantau padi. Selain itu juga satelit tersebut dapat memantau kerusakan saluran irigasi.

Menurut Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Lapan, Ir Jasyanto MM, data satelit beresolusi tinggi itu maka hasil pengamatan udara akan semakin detail dan mampu memberikan gambaran yang akurat untuk aplikasi dibidang pertanian dan bidang lainnya.

Untuk bidang pertanian, dengan data resolusi tinggi itu maka dapat diamati fase masa tumbuh padi. Dengan begitu maka dapat diketahui usia padi dan waktu panennya. Selain itu juga dapat diketahui luas sawah secara akurat.

Sedangkan untuk saluran irigasi, dengan penginderaan jauh beresolusi tinggi itu dapat diketahui jenis-jenis irigasi. Baik itu sekunder, tersier, dan quarter. Kemudian juga dapat diketahui kerusakan saluran irigasi dan penyebab kerusakannya.

"Data Spot 6 itu imagery nya 1.5 m. Skalanya 60 km x 60 km. Jadi datanya lebih jelas. Untuk pertanian data satelit ini dapat memperkirakan adanya kekurangan ataupun surplus hasil panen. Data ini juga mampu membantu dalam perencanaan pembuat kebijakan terkait ketahanan pangan atau swasembada beras," katanya dalam Focus Group Discussion (FGD) yang digelar Lapan bersama Airbus Defense and Space, Rabu (25/2/2015).

Jasyanto menambahkan bahwa untuk bidang maritim, data penginderaan jauh tersebut sangat membantu dalam pendeteksian terumbu karang. Sehingga dapat diketahui kondisi terumbu karang dan upaya pelestariannya sebagai potensi pariwisata.

Sumber : http://wartakota.tribunnews.com/2015/02/25/panen-padi-bisa-dipantau-lewat-satelit








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL