Kompetensi Utama

Layanan


Mewujudkan Lapan yang Unggul Perlu Dukungan Generasi Muda
Penulis Berita : Humas/SA • Fotografer : Humas/SA • 03 Mar 2015 • Dibaca : 14401 x ,

Kepala Lapan memaparkan kepada CPNS mengenai empat kompetensi Lapan

Lapan berharap besar pada generasi muda untuk mewujudkan cita-cita menjadi pusat unggulan pada empat bidang kompetensi utamanya. Keempat kompetensi tersebut terdiri dari bidang sains antariksa dan atmosfer, penguasaan teknologi keantariksaan, penginderaan jauh, dan kajian kebijakan keantariksaan. Hal tersebut disampaikan Kepala Lapan Prof. Dr. Thomas Djamaluddin saat membuka kegiatan diklat orientasi parameter dirgantara bagi CPNS di Kantor Pusat Lapan, Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (2/3).

“Selain meningkatkan kompetensi, untuk menjadi pusat unggulan Lapan juga harus meningkatkan layanan publik, baik layanan informasi maupun layanan manajemen,” kata Thomas. Selain itu, Thomas menambahkan, Lapan perlu meningkatkan kualitas dan kapabilitas sumber daya manusia. Caranya yaitu dengan pemberian pendidikan dan pelatihan bidang manajerial maupun teknis, serta seleksi kompetitif untuk menempuh pendidikan bergelar.

Dukungan SDM yang berkualitas diharapkan dapat meningkatkan kualitas hasil litbang penerbangan dan antariksa bertaraf internasional. Hal tersebut ditandai dengan produk litbang dan publikasi berstandar internasional. “Lapan juga harus meningkatkan kualitas produk teknologi dan informasi di bidang penerbangan dan antariksa dalam memecahkan permasalahan nasional,” ujar Thomas. Sebagai contoh, ia menambahkan, penginderaan jauh Lapan diharapkan bisa mewujudkan cita-cita swasembada pangan nasional serta peringatan dini bencana alam.

Thomas menjelaskan, menurut Undang Undang Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan, Lapan diamanatkan untuk bisa melaksanakan dan mengatur penyelenggaraan keantariksaan untuk keperluan nasional. “Lapan memiliki kewenangan untuk mengatur terkait penyelenggaraan keantariksaan, jadi harus mempunyai standar-standar agar penyelenggaraan keantariksaan bisa bertaraf internasional,” kata Thomas.

Sebanyak 33 orang CPNS 2014 untuk lingkungan Lapan mengikuti diklat orientasi parameter dirgantara. Diklat tersebut dilaksanakan selama lima hari. Pada penutupan diklat, CPNS akan melaksanakan kunjungan ke Pusat Teknologi Penerbangan (Pustekbang) Lapan Rumpin, Bogor, Jawa Barat.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL