Kompetensi Utama

Layanan


Lapan akan Bangun Radar Atmosfer dengan Sensitivitas Tinggi
Penulis Berita : Humas/Amrizal • Fotografer : Humas/Amrizal • 10 Mar 2015 • Dibaca : 2494 x ,

Perwakilan dari RISH Kyoto Jepang, MEXT, dan staf Lapan di depan EAR di Kototabang.

RISH Kyoto University dan MEXT mengunjungi Loka Pengamatan Atmosfer (LPA) Kototabang, Kamis (5/3). Rombongan dari RISH Kyoto University dan MEXT yang berkunjung tersebut yaitu Prof. Tashitaka Tsuda dan Shintaro Seto. Kunjungan terkait pembangunan Equatorial MU Radar di LPA Kototabang.

Dalam kunjungan tersebut, Kepala LPA Kototabang, Syafrijon, memaparkan mengenai kegiatan di fasilitasnya. Ia menjelaskan bahwa Lapan telah bekerja sama dengan beberapa universitas Jepang dalam berbagai penelitian. Ia berharap, pembangunan Equatorial MU Radar nanti diharapkan akan meningkatkan kualitas penelitian di daerah ekuator. Hal ini disebabkan, radar tersebut memiliki kemampuan pengamatan yang lebih baik dari Equatorial Atmosfer Radar (EAR) yang telah ada di LPA Kototabang.

Equatorial MU Radar tersebut memiliki spesifikasi yang lebih baik dengan 1156 antena array. Ukuran lokasi antenna mencapai diameter 160 meter dengan daya output 500 kilowatt. Dengan kelebihan tersebut, Equatorial MU Radar memiliki sensitivitas sepuluh kali lebih tinggi dari EAR yang memiliki 560 antena dengan luas lokasi antenna 110 meter dan daya 100 kilowatt.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL