Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN dan ROSCOSMOS Bahas Kerja Sama Pemanfaatan Satelit Navigasi
Penulis Berita : Humas/Ahida • Fotografer : Humas/Ahida • 16 Apr 2015 • Dibaca : 26847 x ,

Perwakilan LAPAN dan ROSCOSMOS membahas mengenai kerja sama kedua instansi.

LAPAN dan lembaga antariksa Rusia, ROSCOSMOS, sepakat untuk melakukan finalisasi dokumen perjanjian kerja sama pemanfaatan satelit navigasi Rusia, Glonass, dengan mempertimbangkan aspek legal dan teknis.

Hal tersebut disepakati dalam pertemuan perwakilan LAPAN, Kepala Biro Kerja Sama dan Humas Agus Hidayat, dan perwakilan ROSCOSMOS, International and Contractual Department, Anatoliy Kuzmina dan Marina Kuzmina. Pertemuan berlangsung di sela-sela pelaksanaan Sidang Komisi Bersama (SKB) ke-10 antara RI dan Rusia untuk kerja sama perdagangan, ekonomi, dan teknik, pada 7 hingga 9 April di Moscow dan Kazan, Rusia.

Terkait rencana kerja sama pemanfaatan GLONASS tersebut, pihak ROSCOSMOS berkeinginan untuk membangun differential correction and monitoring equipment di Indonesia. Tujuannya, untuk meningkatkan akurasi dari data GLONASS. Di samping itu, pihak ROSCOSMOS juga menawarkan pelatihan dengan mendatangkan tenaga ahli satelit navigasi dari Rusia.

Sebelumnya, Pemerintah RI dan Pemerintah Rusia telah menandatangani Perjanjian kerja sama di bidang eksplorasi dan pemanfaatan antariksa untuk tujuan damai pada 1 Desember 2006. Perjanjian Kerja sama tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan penandatangan Rencana Kerja Sama Keantariksaan Jangka Menengah untuk periode 2011-2015. Rencana kerja sama tersebut ditandatangani oleh Kepala LAPAN dan Kepala ROSCOSMOS, pada 28 Oktober 2011.

Terdapat 11 rencana aksi periode kerja sama 2011-2015 yang masih perlu dilaksanakan. Untuk itu, diperlukan kesepakatan mekanisme kerja sama kedua pihak. LAPAN menghendaki kerja sama dalam bentuk joint research atau joint development. Kerja sama di bidang pemanfaatan satelit navigasi Rusia, Glonass, merupakan upaya untuk mewujudkan salah satu rencana aksi yang disepakati tersebut. Dalam pertemuan ini, LAPAN dan ROSCOSMOS juga sepakat untuk meningkatkan dialog dan konsultasi guna dapat melaksanakan sebagian besar rencana aksi tersebut, antara lain dengan mengagendakan pertemuan Kepala LAPAN dengan Kepala ROSCOSMOS dalam waktu dekat.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL