Kompetensi Utama

Layanan


Kunjungan Guru Geografi dalam Rangka Workshop Geografi dan Kebumian
Penulis Berita : Humas/Sgd • Fotografer : Humas/Sgd • 25 Apr 2015 • Dibaca : 37949 x ,

Kantor Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata) LAPAN di Pekayon, Pasar Rebo pada hari Jum’at (24/4) berkesempatan untuk dikunjungi rombongan guru geografi yang mengadakan workshop. Kepala Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh, Dr. M. Rokhis Khomarudin pada kesempatan ini menyebutkan di LAPAN ada 3 Kedeputian yakni Deputi Penginderaan Jauh, Deputi Sains dan Deputi Teknologi Dirgantara. Dibawah penginderaan jauh ada 2 Pusat, Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh (Pustekdata) yang bertugas mengumpulkan database, single government license, yang berarti lisensi milik Pemerintah Indonesia bisa dimiliki oleh institusi Pemerintah. Pustekdata juga melakukan kegiatan penelitian pengembangan bagaimana membuat standar, pengembangan, koreksi, dan pengolahan data lanjut supaya langsung dapat dimanfaatkan Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh (Pusfatja). Di Pusfatja, pengaplikasian data dilakukan seperti inventarisasi sumber daya alam dan Lingkungan, mitigasi bencana dan aplikasinya.

Peneliti LAPAN, Kustiyo memaparkan bank data penginderaan jauh nasional terbesar ada di Parepare, tugas Pustekdata yaitu mengakuisisi data satelit secara langsung. LAPAN memiliki kemampuan akuisisi data resolusi rendah, menengah dan tinggi. Menurut Undang-Undang Keantariksaaan No 21 Tahun 2013, LAPAN wajib memiliki Bank Data Pengideraan Jauh Nasional. Sedangkan fasilitas penerimaan data LAPAN sendiri ada di 3 tempat. Parepare untuk resolusi rendah, menengah dan tinggi, Rumpin untuk resolusi menengah dan Pekayon untuk resolusi rendah. LAPAN memiliki software baik itu open source maupun berlisensi. Untuk software yang berlisensi, LAPAN membeli dan mempelajari lalu membuat sendiri software sesuai yang diinginkan. Seluruh data direkam sendiri oleh LAPAN, dan masyarakat bisa mengakses melalui situs lapan.go.id.

Suharsono, peneliti di Pusfatja LAPAN memaparkan bahwa ada 4 bidang di Pusfatja, yaitu Sumber Daya Wilayah Darat, Pesisir dan Laut, Lingkungan dan Mitigasi Bencana, dan Diseminasi Informasi. Visi Pusfatja untuk menjadi center of excellence dalam pemanfaatan teknologi penginderaan jauh, kemampuan Pusfatja untuk menyediakan olahan data disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Untuk mengetahui dan menganalisis mengenai berbagai macam objektanpa kontak langsung dengan obyek yang dikaji sesuai dengan filosofi penginderaan jauh. Peran LAPAN di bidang penginderaan jauh adalah mendeteksi parameter geo biofisik dalam Undang-Undang Antariksa No.21 Tahun 2013 tercantum dalam Pasal 19 Ayat 1. Langkah awal dalam memahami penginderaan jauh kita harus memahami tentang gelombang elektromagnetik. Berbagai macam tipe orbit satelit untuk memahami karakteristik dari data citra satelit dan mengetahui berbagai macam resolusi data yaitu spasial, temporal, spektral dan radiometri. Keunggulan data penginderaan jauh yakni cakupannya yang luas, bisa diulang, konsisten dan lebih murah dibandingkan dengan survey lapangan secara langsung. Sebagai contoh pemanfaatan hasil litbang sumber daya wilayah darat untuk memantau pertumbuhan padi berdasar karakteristik data satelit, mengetahui carbon accounting. Contoh pemantauan Daerah Aliran Sungai (DAS), penutupan lahan maupun aliran air. Aplikasi bidang pertambangan juga bisa dipantau mulai dari ekspansi volume penambangan dan dampak serta potensi dari penambangan. Di bidang laut pesisir untuk suhu permukaan dan klorofil lalu muncullah zona potensi penangkapan ikan (ZPPI), inventarisasi pulau kecil dan sebagainya. Berbagai macam contoh tersebut adalah sebagian dari hasil penelitian dan pengembangan penginderaan jauh agar penginderaan jauh dapat dimanfaatkan masyarakat luas.

Galeri foto : http://lapan.go.id/index.php/galerifotokategori/imagedetail/57/Kunjungan-MGMP-Geografi


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL