Kompetensi Utama

Layanan


Pameran Musrenbangnas 2015: Hasil Litbang LAPAN Dukung Program Kemaritiman Indonesia
Penulis Berita : Humas/ZAK-Rizki • Fotografer : Humas/ZAK • 28 Apr 2015 • Dibaca : 51176 x ,

Kepala LAPAN Prof. Dr. Thomas Djamaluddin (kiri) memberikan cinderamata kepada Kepala Bappenas Andrinof Chaniago (tengah) saat pameran Musrenbangnas 2015

LAPAN ikut serta dalam Pameran Perencanaan Pembangunan Nasional 2015, Selasa (28/4). Lapan menampilkan hasil penelitian dan pengembangan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi penerbangan dan antariksa untuk mendukung program kemaritiman Indonesia dan mempercepat pembangunan infrastruktur di sektor unggulan. Hasil litbang teknologi satelit yang ditampilkan ialah satelit LAPAN A-1 dan LAPAN A-2. Sementara dari litbang teknologi penerbangan, LAPAN menampilkan pesawat N219 dan dua varian pesawat tanpa awak (LSU/drone) yaitu LSU-01 dan LSU-02.

Selain menampilkan teknologi penerbangan dan antariksa, dalam pameran tersebut Lapan juga memberikan informasi mengenai citra satelit penginderaan jauh dan aplikasinya dalam mendukung pembangunan dan kemaritiman. Di pameran tersebut, Lapan menjelaskan mengenai jaminan ketersediaan data satelit penginderaan jauh yang tertuang dalam Inpres No. 6 Tahun 2012 tentang penyediaan, penggunaan, pengendalian kualitas, pengolahan, dan distribusi data satelit penginderaan jauh resolusi tinggi. Jaminan tersebut semakin diperkuat dengan disahkannya UU Nomor 21 Tahun 2013 tentang keantariksaan. UU tersebut menetapkan Lapan sebagai penyelenggara penginderaan jauh.

Data penginderaan jauh yang dimiliki Lapan sangat bermanfaat bagi berbagai bidang untuk mendukung pembangunan ekonomi dan daerah. Contoh pemanfaatannya yaitu informasi mengenai penggunaan lahan, terumbu karang, daerah perbatasan dan pulau-pulau kecil terluar, zona potensi penangkapan ikan, pertanian, perkebunan, dan kehutanan.

LAPAN juga menampilkan Sistem Embaran Maritim (SEMAR) yang merupakan sistem terpadu hasil kerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Daerah Istimewa Yogyakarta, Puslitbang Sumber Daya Laut Pesisir Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). SEMAR memberikan informasi pengamatan berbasis satelit, radar, sensor daratan dan sensor lautan secara near real time serta prediksi kondisi atmosfer dan lautan di wilayah perairan selatan Yogyakarta. Informasi SEMAR digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan DIY untuk mendukung keselamatan pelayaran dan peningkatan produksi ikan tangkap. 

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Andrinof Chaniago sempat mengunjungi gerai pameran LAPAN. Kepala Lapan Prof. Dr.Thomas Jamaluddin dan didampingi oleh Kepala Biro Kerjasama dan Hubungan Masyarakat Agus Hidayat menjelaskan materi pameran kepada Andrinof. Thomas menjelaskan berbagai fasilitas dan kemampuan stasiun bumi Lapan yang menerima data citra satelit resolusi rendah, menengah, dan tinggi. Data teknologi penginderaan jauh tersebut sangat bermanfaat untuk kemaritiman. Andrinof terlihat sangat tertarik, antusias dan memandang positif akan kemampuan teknologi kedirgantaraan Lapan. 

Pameran dengan tema “Mempercepat Pembangunan Infrastruktur Untuk Meletakkan Fondasi Pembangunan yang Berkualitas” ini adalah bagian dari kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2015. Tujuan penyelenggaraan pameran tersebut untuk mensosialisasikan program-program kabinet kerja dengan fokus di bidang pembangunan kemaritiman dan kelautan; kedaulatan pangan; kedaulatan energi dan ketenagalistrikan; serta pembangunan karakter dan potensi pariwisata. Pameran dimeriahkan 36 stand diantaranya dari Kementerian dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten/ Kota, BUMN, dan Perguruan Tinggi. Acara berlokasi di Ruang Binakarna, Hotel Bidakara, Jakarta, dan berlangsung hingga Rabu (29/4).


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts
© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL