Kompetensi Utama

Layanan


Lapan Mampu Deteksi “Illegal Fishing” di Laut
Penulis : Habibie • Media : Beritaempat.com • 29 Apr 2015 • Dibaca : 10209 x ,



Jakarta, Beritaempat — Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Jasyanto mengatakan alat Unmanned Aerial Vehicle (UAV) juga mampu mendeteksi zona kehidupan ikan di laut dan illegal fishing.

“UAV itu, bisa memberi informasi di lokasi mana di laut yang banyak ikan. Jadi, kita punya alat deteksi ZPPI (Zona Potensi Penangkapan Ikan),” kata Jasyanto di Pameran Perencanaan Pembangunan Nasional di Hotel Bidakara, Selasa (28/04) kemarin.

Selain itu, lanjutnya, Lapan di sektor penerbangan mampu memberikan informasi pada Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terkait illegal fishing (penangkapan ikan ilegal) di laut Indonesia.

“Untuk penerbangan kita juga akan bekerja untuk memberi informasi iligal fhising melalui pesawat tanpa awak kita itu,” ucapnya

“Dan UAV itu juga dipakai untuk menjaga wilayah perbatasan karena dilengkapi dengan kamera dengan mengikuti jalur yang telah kita tentukan pada sistem yang ada itu,” lanjutnya.

Menurutnya, programnnya itu ada yang berbayar dan ada yang gratis. Hal itu dilakukan tergantung kesepakatan, Lapan sebagai lembaga yang ditunjuk pemerintah untuk menyiapkan data.

“Jadi, kamera itu pergerakannya sesuai dengan program yang telah ditetapkan,” tandasnya.

Sumber
http://www.beritaempat.com/lapan-mampu-deteksi-illegal-fishing-di-laut/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL