Kompetensi Utama

Layanan


Litbang LAPAN Diperlukan untuk Dukung Pembangunan Kalimantan Barat
Penulis Berita : Humas/Sdy • Fotografer : Humas/Sdy • 06 May 2015 • Dibaca : 21621 x ,

Kepala Bagian Kerjasama Dalam Negeri LAPAN menyerahkan kenang-kenangan yang diterima oleh Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Fisik Bappeda Kalimantan Barat.

LAPAN melaksanakan ekspose hasil litbang dan pemanfaatannya serta sosialisasi Undang-undang (UU) Nomor 21 Tahun 2013 Tentang Keantariksaan. Kegiatan tersebut berlangsung di Kantor Bappeda Provinsi Kalimantan Barat, Selasa (5/5).

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Fisik Bappeda Kalimantan Barat, Yus Linda, saat membuka acara, berharap data-data hasil litbang LAPAN dapat dimanfaatkan untuk mendukung pembangunan di wilayah Provinsi Kalimantan Barat. Ia mengatakan bahwa Kalimantan Barat memiliki permasalahan seperti batas wilayah, potensi bencana, dan penghitungan emisi. Oleh karena itu, kegiatan ekspose ini memerlukan tindak lanjut guna membangun kerja sama antar kedua instansi.

Keinginan untuk menjalin kerjasama tersebut semakin kuat setelah Kepala Bagian Kerjasama Dalam Negeri LAPAN, Elly Kuntjahyowati, memaparkan empat kompetensi LAPAN. Kompetensi LAPAN yaitu bidang penginderaan jauh, sains antariksa dan atmosfer, teknologi penerbangan dan antariksa, serta kajian kebijakan penerbangan dan antariksa. Dengan empat kompetensi tersebut, peluang kerja sama sangat terbuka karena banyak data yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung pembangunan di daerah Kalbar.

Sementara itu Kepala Pusat Sains Antariksa LAPAN, Clara Y. Yatini, dalam sosialisasi tersebut, memberikan gambaran tentang litbang cuaca antariksa, geomagnet dan magnet antariksa, pengamatan matahari, benda jatuh antariksa, dan informasi cuaca antariksa. Secara detail, ia juga menjelaskan manfaat Litbang sains antariksa bagi kehidupan umat manusia.

Kegiatan ini merekomendasikan untuk menginventarisasi kebutuhan Pemprov Kalbar dan sumber daya yang dimiliki LAPAN dalam upaya perintisan kerjasama Pemprov Kalbar-LAPAN. Acara tersebut diikuti oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi Kalbar dan beberapa Kabupaten di wilayah Kalbar.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL