Kompetensi Utama

Layanan


Universitas Tanjungpura Manfaatkan Litbang LAPAN
Penulis Berita : Humas/Sdy • Fotografer : Humas/Sdy • 06 May 2015 • Dibaca : 21548 x ,

Kepala Pusat Sains Antariksa dan Kepala Bagian Kerjasama Dalam Negeri menyampaikan paparannya.

Data-data hasil litbang LAPAN makin dibutuhkan oleh masyarakat. Salah satunya penggunanya yaitu perguruan tinggi. Universitas Tanjungpura merupakan salah satu perguruan tinggi yang berminat memanfaatkan data hasil litbang LAPAN. Hal tersebut dikatakan oleh Pembantu Rektor IV Universitas Tanjungpura, Prof. Dr. AB Tangdililing, MA saat membuka Sosialisasi Undang-undang (UU) Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan di Ruang Sidang Utama Rektorat Universitas Tanjungpura, Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa (5/5).
 
“UU Keantariksaan harus disampaikan kepada masyarakat, jangan sampai masyarakat melakukan pelanggaran karena ketidaktahuannya. Adanya UU ini membuka peluang kerja sama riset dengan LAPAN untuk mendukung Tri Dharma Perguruan Tinggi,” Tangdililing menegaskan.

Sejalan dengan Tandililing, Kepala Pusat Sains Antariksa LAPAN, Clara Y Yatini, mengatakan bahwa data hasil Litbang LAPAN dapat dimanfaatkan untuk penelitian di perguruan tinggi, praktek lapangan, dan bahan ajar bagi dosen. Dalam sosialisasi tersebut, Clara juga memaparkan mengenai litbang cuaca antariksa pengaruhnya pada bumi dan lingkungannya, geomagnet dan magnet antariksa, pengamatan matahari, benda jatuh antariksa, dan informasi cuaca antariksa.

Sementara itu, Kepala Bagian Kerjasama Dalam Negeri LAPAN, Elly Kuntjahyowati, menegaskan bahwa LAPAN sangat terbuka untuk menjalin kerja sama sesuai kompetensi yang dimiliki dalam bidang penginderaan jauh, sains antariksa dan atmosfer, teknologi penerbangan dan antariksa, serta kajian kebijakan penerbangan dan antariksa.

Keingintahuan peserta sosialisasi terhadap kegiatan litbang LAPAN sangat tinggi. Hal ini tercermin dari banyaknya pertanyaan yang ditujukan kepada LAPAN pada sesi diskusi. Pertanyaan yang muncul mencakup teknologi penerbangan, aktifitas matahari, hingga skema riset LAPAN.

Sosialisasi ini diikuti oleh seluruh perwakilan fakultas dan magister di lingkungan Universitas Tanjungpura, perguruan tinggi swasta di Kalimantan Barat, dan mahasiswa Universitas Tanjungpura.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL