Kompetensi Utama

Layanan


Lapan Sosialisasikan Pemanfaatan Penginderaan Jauh di Kepulauan Bangka Belitung
Penulis Berita : Humas/Rubini • Fotografer : dok. Pustekdata • 13 May 2015 • Dibaca : 82512 x ,

Perwakilan dari Lapan dan Pemerintah Provinsi Bangka Belitung berfoto bersama saat sosialisasi pemanfaatan penginderaan jauh untuk mendukung pembangunan.

Lapan menyelenggarakan sosialisasi dan lokakarya pemanfaatan penginderaan jauh untuk mendukung pembangunan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kegiatan yang berlangsung pada 12 hingga 13 Mei 2015 tersebut berlangsung diikuti oleh 90 peserta dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan kabupaten/kota.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Syahruddin, mengatakan bahwa penginderaan jauh sangat dibutuhkan dalam mendukung program pembangunan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang terdiri dari 470 pulau. Ia berharap, data satelit penginderaan jauh dapat memantau pulau-pulau tersebut.

Selain itu, Ia juga menyoroti isu perubahan kondisi lingkungan di wilayah dengan memantau perubahan penutup lahan beberapa tahun terakhir. Hal ini diperlukan sebagai input dalam perencanaan tata ruang wilayah darat dan laut, sehingga di masa depan, generasi selanjutnya masih dapat menikmati indahnya Kepulauan Bangka Belitung.

Dalam kegiatan tersebut, Deputi Bidang Penginderaan Jauh Lapan, Dr. Orbita Roswintiarti, menyampaikan mengenai pemanfaatan dara satelit penginderaan jauh untuk mendukung program pembangunan daerah. Ia juga memaparkan mengenai struktur organisasi Lapan, konsep penginderaan jauh, fasilitas yang dimiliki Lapan, serta ketersediaan data satelit dan akses datanya.

Orbita menyampaikan bahwa, Lapan telah mengaplikasikan pemanfaatan penginderaan jauh di wilayah Bangka Belitung. Pemanfaatan tersebut antara lain identifikasi areal pertambangan, perubahan areal hutan, perkebunan, potensi banjir, dan zona potensi penangkapan ikan. Ia mengungkapkan bahwa Lapan siap membantu kebutuhan data, aplikasi pemanfaatan data penginderaan jauh, dan pengembangan sumber daya manusia untuk mendukung program pembangunan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Selain sosialisasi, dalam kegiatan ini, Lapan juga melaksanakan bimbingan teknis pengolahan data penginderaan jauh bagi para peserta.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL