Kompetensi Utama

Layanan


Data Satelit Penginderaan Jauh Berperan Penting dalam Perencanaan Pembangunan di Polewali Mandar
Penulis Berita : Humas/Rubini • Fotografer : dok. Pustekdata • 12 May 2015 • Dibaca : 31579 x ,

Deputi Bidang Penginderaan Jauh Lapan memaparkan mengenai pemanfaatan penginderaan jauh.

Data atau informasi yang akurat dan termutakhir merupakan kebutuhan pokok dalam perencanaan pembangunan. Salah satu data tersebut bersumber dari satelit penginderaan jauh yang dapat digunakan sebagai sumber informasi untuk sektor perikanan, pertanian, perkebunan, perkotaan, dan perpajakan. Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Polewali Mandar, Natsir Rahmat, saat Lapan mensosialisasikan pemanfaatan data penginderaan jauh untuk mendukung pembangunan daerah di Komplek Kantor Bupati Polewali Mandar (Polman), Sulawesi Barat, Jumat (8/5).

Acara yang dihadiri perwakilan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di kabupaten tersebut, merupakan rangkaian sosialisasi penyelenggaraan kegiatan penginderaan jauh untuk mendukung pembangunan daerah. Sosialisasi dilaksanakan oleh Deputi Bidang Penginderaan Jauh Lapan, Kepala Pusat Teknologi dan Data Penginderaan Jauh Lapan, Kepala Bidang Pengembangan Bank Data Lapan, Kepala Bidang Produksi Informasi, dan Kepala Balai Penginderaan Jauh Parepare.

Dalam kegiatan tersebut, Deputi Penginderaan Jauh Lapan, Dr. Orbita Roswintiarti, memaparkan mengenai struktur organisasi Lapan, tugas dan fungsi Deputi Bidang Penginderaan Jauh Lapan, konsep penginderaan jauh, ketersediaan data, serta pemanfaatan data penginderaan jauh untuk berbagai aplikasi seperti pemantauan sumberdaya alam dan lingkungan serta kebencanaan.

Saat sosialisasi, peserta banyak menanyakan mengenai prosedur untuk mendapatkan data penginderaan jauh beresolusi tinggi. Peserta juga menanyakan mengenai penggunaan software pengolah data penginderaan jauh dan potensi pemanfaatan data penginderaan jauh yang bermanfaat bagi masyarakat.

Hasil sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan gambaran bagi para pengambil kebijakan dan tenaga teknis daerah tentang penginderaan jauh. Kegiatan ini sekaligus juga akan meningkatkan kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar dengan Lapan. Dalam sosialisasi tersebut, Lapan menyerahkan album citra satelit dan citra satelit penginderaan jauh Kabupaten Polewali Mandar.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL