Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Aktif Berperan dalam Penanganan Perubahan Iklim
Penulis Berita : Humas/EN • Fotografer : Humas/EN • 16 May 2015 • Dibaca : 9809 x ,

Petugas Pameran LAPAN menjelaskan kepada siswa pengunjung mengenai aktivitas LAPAN dalam penanganan perubahan iklim.

LAPAN mengikuti Pameran 5th Indonesia Climate Change Education Forum and Expo (ICCEFE). Pameran ini berlangsung pada 14 hingga 17 Mei 2015 di Jakarta Convention Center, Jakarta. ICCEFE bertujuan sebagai sarana komunikasi dan sosialisasi program perubahan iklim di Indonesia, khususnya untuk meningkatkan partisipasi seluruh pemangku kepentingan dalam menyikapi perubahan iklim.

Hal ini dilakukan melalui upaya edukasi dan penyebaran informasi secara luas agar masyarakat dapat memahami lebih dalam mengenai perubahan iklim dan dampaknya bagi ekonomi, pertanian, dan aspek kehidupan yang lain. Dengan pemahaman yang baik, setiap individu dapat mengerti permasalahan perubahan iklim serta merencanakan dan melaksanakan solusi yang dibutuhkan. Dalam pameran tersebut, LAPAN mengusung tema LAPAN Antisipasi Perubahan Iklim melalui Teknologi Antariksa.

Pameran 5th Indonesia Climate Change Education Forum and Expo ini diikuti oleh 100 peserta dari berbagai Kementerian dan Lembaga Pemerintah, Pemerintah Daerah, BUMN, BUMD, perusahaan swasta nasional dari berbagai sektor, lembaga pendidikan, serta kelompok-kelompok masyarakat.

Utusan Khusus Presiden untuk Pengendalian Perubahan Iklim, Rahmat Witoelar, saat pembukaan pameran mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai dampak perubahan iklim. Dengan demikian, antisipasi perubahan iklim akan memperoleh dukungan secara luas baik dari tingkat lokal maupun nasional.

Tahun ini, ICCEFE bertema Penguatan Pembangunan Rendah Emisi untuk Masa Depan Berkelanjutan dan Mendukung Indonesia menjadi Poros Maritim Dunia. Tema ini digunakan sebagai respon kebijakan pengarusutamaan paradigma peta jalan pembangunan nasional Presiden RI yang terurai dalam Nawa Cita serta untuk mendukung upaya pemerintah menurunkan emisi gas rumah kaca sebanyak 26 persen pada tahun 2020.

“Jangan sampai Indonesia menunggu hingga terjadi bencana yang fatal akibat perubahan iklim baru kemudian bertindak. Semua pihak harus aktif mengendalikan perubahan iklim,” ujar Rahmat.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL