Kompetensi Utama

Layanan


ICCEFE 2015, LAPAN Juara Kategori Interaktif
Penulis Berita : Humas/Sur • Fotografer : Humas/Eko • 18 May 2015 • Dibaca : 42185 x ,

Trofi LAPAN untuk kategori Stand Interaktif Terbaik dalam ICCEFE 2015

Minggu (17/5), LAPAN memperoleh penghargaan kategori stand interaktif terbaik dalam Pameran 5th Indonesia Climate Change Education Forum and Expo (ICCEFE) 2015, yang berlangsung pada 14 hingga 17 Mei 2015 di Assembly Hall Jakarta Convention Center, Jakarta.

Penilaian tersebut berdasarkan indikator antara lain desain, konten, interaktivitas pemandu, dan kunjungan stand. Penilaian tersebut dilakukan setiap hari oleh tim penilai. Stand LAPAN pada pameran tersebut bertema LAPAN Antisipasi Perubahan Iklim melalui Teknologi Antariksa. Tema tersebut sesuai dengan tema ICCEFE 2015, yaitu Penguatan Pembangunan Rendah Emisi Untuk Masa Depan Berkelanjutan Dan Mendukung Indonesia Menjadi Poros Maritim Dunia. Berbagai hasil litbang LAPAN ditampilkan dalam bentuk backdrop, poster, mockup, miniatur, video yang dikemas sedemikian rupa sehingga dapat menggambarkan hasil litbang LAPAN. LAPAN juga menampilkan mini planetarium sebagai sarana edukasi keantariksaan kepada generasi muda.

Dalam pameran tersebut, stand LAPAN setidaknya dikunjungi sebanyak 600 orang per hari. Pameran tersebut menjadi sarana komunikasi LAPAN untuk mendiseminasikan hasil litbang penerbangan dan antariksa terkait perubahan iklim kepada masyarakat. Mayoritas pengunjung merupakan pelajar dan mahasiswa. Mereka berinteraksi dengan para pemandu dan berdiskusi mengenai peran LAPAN dalam menjawab tantangan perubahan iklim.

Pengunjung pameran pun sangat antusias dalam mengajukan berbagai pertanyaan terkait hasil litbang yang ditampilkan. Selain itu, pemandu pameran memberikan penjelasan mengenai tugas pokok LAPAN kepada pengunjung secara interaktif.

Dalam pameran tersebut, pengunjung, khususnya generasi muda diajak untuk mencintai dan menjaga hutan. Hal ini disebabkan, hutan memiliki fungsi yang sangat baik sebagai penyerap karbon.

Selain itu, melalui pameran ini, berbagai instansi baik pemerintah maupun swasta, tertarik untuk bekerja sama dengan LAPAN. Kerja sama tersebut terutama terkait dengan pemanfaatan data citra satelit penginderaan jauh dan pesawat tanpa awak untuk kebutuhan pemantauan lingkungan dan perencanaan tata ruang wilayah.

ICCEFE merupakan pameran yang bertujuan meberikan edukasi kepada masyarakat mengenai penanganan perubahan iklim. Manajer Climate Change Reality Project Indonesia, Amanda Katili, mengatakan bahwa pameran tersebut merupakan komitmen dalam publikasi perkembangan iklim melalui berbagai media. Publikasi tersebut diharapkan dapat menumbuhkan minat dan kepedulian masyarakat terhadap penanganan perubahan iklim.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL