Kompetensi Utama

Layanan


Restrukturisasi Organisasi LAPAN Dukung Kemandirian Bangsa
Penulis Berita : Humas/Sudirman • Fotografer : Humas/Sudirman • 15 May 2015 • Dibaca : 37649 x ,

Kepala LAPAN memaparkan mengenai perubahan struktur organisasi.

LAPAN harus menjadi bagian nasional menuju Indonesia mandiri. Untuk mewujudkannya, LAPAN berperan dalam mendukung kemandirian Indonesia dalam bidang roket, satelit, sains atmofer dan antariksa, serta penginderaan jauh. Produk dan informasi LAPAN harus bermanfaat dalam memecahkan masalah nasional sesuai dengan tugas dan fungsinya. Dukungan untuk mewujudkan kemandirian ini diamanatkan oleh Undang-undang Nomor 21 tahun 2013 tentang Keantariksaan.

Hal tersebut dijelaskan dan ditekankan Kepala LAPAN, Prof. Dr. Thomas Djamaluddin saat kunjungan kerja sekaligus awal rangkaian sosialisasi restrukturisasi organisasi LAPAN di kantor LAPAN, Bandung, Jumat (15/5). Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretaris Utama LAPAN, Deputi Bidang Sains, Pengkajian dan Informasi Kedirgantaraan, Kepala Pusat Sains Antariksa, dan Kepala Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer.

Menurut Thomas, berlakunya Undang-undang Nomor 21 tahun 2013 tentang Keantariksaan menuntut LAPAN melakukan restrukturisasi organisasi. Perubahan struktur organisasi tersebut bersamaan dengan masa penyusunan dan pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2025. Terkait perubahan tersebut, Presiden RI telah menandatangani telah disahkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 49 Tahun 2015 tentang LAPAN pada 29 April 2015.

“Dengan struktur baru, LAPAN akan melaksanakan rencana strategis baru, paradigma baru, semangat baru, dan tentu saja tantangannya pun baru. Ini semua merupakan amanah Undang-undang Keantariksaan. Kita harus siap untuk melaksanakan itu semua,” papar Thomas Djamaluddin.

Ia menambahkan, sebelumnya jabatan struktural dan fungsional seolah berbeda tingkat dan tugas fungsinya. Dalam struktur yang baru, struktural bertindak selaku fasilitator sedangkan pejabat fungsional selaku pelaksananya. Output-pun akan terlihat dari pelaksanaan tugas fungsi fungsionalnya. Melalui perubahan ini, lanjut Thomas Djamaluddin, LAPAN akan menjadi bagian nasional untuk menuju Indonesia mandiri.

“Untuk itu, kita harus terus meningkatkan kualitas litbang, produk, dan informasi. Peningkatan kualitas tersebut tidak hanya menunjukkan eksistensi tetapi juga harus mampu memberi manfaat bagi masyarakat dan bangsa. Sesuai dengan misinya, LAPAN akan menjadi center of excellence di bidang keantariksaan untuk mencapai tujuan mewujudkan layanan prima di bidang keantariksaan,” ujarnya.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL