Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Serahkan Arsip ke ANRI
Penulis Berita : Humas/Sgd • Fotografer : Humas/Sgd • 19 May 2015 • Dibaca : 2165 x ,

Kepala Biro Umum LAPAN (kanan) menyerahkan secara simbolis arsip statis LAPAN kepada Kepala ANRI.

LAPAN menyerahkan 184 dokumen arsip statis kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Arsip tersebut diserahkan oleh Kepala Biro Umum LAPAN, Anie Retnowatie, kepada Kepala ANRI, Mustari Irawan. Penyerahan berlangsung pada rapat koordinasi (rakor) ANRI di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (19/5).

Kepala ANRI dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan penyelenggaraan acara tersebut yaitu untuk mendiskusikan strategi pengelolaan arsip, khususnya arsip statis. Kegiatan ini juga untuk mencari solusi berbagai masalah yang dihadapi dalam penyelamatan arsip bangsa di tiap lembaga negara.

Ia melanjutkan, penyelenggaraan rakor tersebut sangat penting. Hal ini disebabkan, dimulainya Kabinet Kerja pada Oktober 2014 mengakibatkan terjadinya perubahan keorganisasian di pemerintah. Arsip yang diserahkan oleh lembaga negara merupakan arsip statis dan jati diri bangsa Indonesia. Untuk itu, arsip merupakan aset nasional yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan pemerintahan, pembangunan, penelitian, pembelajaran dan pengembangan iptek sesuai undang-undang.

Rakor tersebut diikuti oleh 100 peserta dari berbagai kementerian dan lembaga pemerintah. Selain LAPAN, terdapat 12 instansi pemerintah yang juga menyerahkan arsip yaitu Sekretariat Negara, Kementerian Pertanian, Kementerian Perhubungan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia, Mahkamah Konstitusi, Badan Tenaga Nuklir Nasional, Badan Informasi Geospasial, Kementerian Luar Negeri, Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL