Kompetensi Utama

Layanan


Tantangan Baru Peneliti, Mengirim Eksperimen ke Luar Angkasa
Penulis : Henny Ariesta Diana • Media : Sains Indonesia • 28 May 2015 • Dibaca : 10809 x ,

Jakarta, Sains Indonesia - Video mengenai beberapa eksperimen di stasiun antariksa milik Jepang, menjadi pembuka workshop. Tayangan singkat itu, memberi gambaran pentingnya penelitian atau eksperimen yang dilakukan di luar angkasa.

Workshop keantariksaan "The 1st Exploration and Kibo Utilization for Asia" diselenggarakan oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa (Lapan) di Jakarta, Kamis (28/5). Kegiatan ini merupakan rangkaian dari agenda pertemuan Forum Regional Badan Antariksa se-Asia Pasifik (Asia Pasific Regional Space Agency Forum/APRSAF) yang akan diadakan di Bali, akhir tahun ini.

Kepala Lapan, Prof Dr Thomas Djamaluddin mengatakan, Indonesia sudah mengusulkan beberapa proposal penelitian. Usulan tersebut, di antaranya proses pematangan pisang dan penelitian tentang virus malaria.

Sejauh ini, usulan-usulan yang telah diajukan sejak hampir 10 tahun lalu tersebut masih dalam tahap kajian kelayakan. Bila layak, dari segi sampel sampai tingkat keamanannya, penelitian itu akan dikirim ke fasilitas percobaan milik Jepang, KIBO, di Stasiun Antariksa Internasional (International Space Statiun/ISIS).

"Kami mendorong agar peneliti Indonesia, dari berbagai institusi, untuk mengirim proposal penelitian. Fasilitas eksperimen luar angkasa ini sangat penting, terutama untuk menemukan terobosan baru di bidang sains," kata Thomas.

Proyek kerja sama penelitian luar angkasa ini berlangsung hingga 2020. Oleh karena itu, beberapa penelitian yang sudah dilakukan, seperti membawa biji-bijian untuk ditanam di luar angkasa dan dibawa kembali ke bumi, saat ini belum dapat dilihat secara pasti perbedaannya.

"Setidaknya, dari eksperimen luar angkasa ini peneliti akan mendapatkan lebih banyak ide dan gagasan untuk melakukan terobosan baru. Inilah tantangan bagi sains dan teknologi," ujar Thomas.

Sumber : http://www.sainsindonesia.co.id/index.php/kabar-terkini/1589-tantangan-baru-peneliti-mengirim-eksperimen-ke-luar-angkasa








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL