Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Dorong Peneliti dan Akademisi Kirim Penelitian ke Luar Angkasa
27 May 2015 • Dibaca : 8984 x ,

Indonesia menjadi tuan rumah workshop keantariksaan “The 1st Space Exploration and Kibo Utilization for Asia”. Ini adalah workshop perdana terkait pemanfaatan eksplorasi antariksa untuk keperluan penelitian di berbagai bidang seperti pertanian, perekayasaan dan teknologi, biomedis, dan material maju. Workshop yang berlangsung di Kantor Pusat LAPAN, Rawamangun, Kamis (28/5), tersebut diikuti perwakilan negara anggota Forum Regional Badan Antariksa se-Asia Pasifik/ Asia Pacific Regional Space Agency Forum (APRSAF) yaitu Indonesia, Korea, Thailand, Vietnam, Jepang, dan Malaysia.

Workshop hasil kerja sama LAPAN dengan Badan Antariksa Jepang atau Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) ini, bertujuan untuk mengajak peneliti dan akademisi seantero Asia dalam eksplorasi antariksa. Caranya, dengan memanfaatkan fasilitas modul percobaan milik Jepang, KIBO, di Stasiun Antariksa Internasional atau International Space Station (ISS). Kegiatan ini diharapkan akan meningkatkan pemahaman para peneliti dan akademisi mengenai pentingnya penelitian atau eksperimen mikrogravitasi di luar angkasa.

Sebelumnya, Indonesia telah berpartisipasi pada program KIBO di bidang ilmu Biologi dengan mengirimkan biji tomat untuk melihat perbedaan karakter tumbuhan tersebut selama berada di bumi dan di luar angkasa. Sementara itu, salah satu penelitian yang sukses dilaksanakan di ISS adalah Microencapsulation Electrostatic Processing System (MEPS) oleh Dennis R. Morrison, Ph.D. Penelitian ini menghasilkan kemungkinan pasien kanker atau tumor bebas dari efek samping kemoterapi. Dengan penelitian ini, obat kanker atau tumor bisa ditempatkan secara spesifik pada bagian tubuh pasien yang terkena kanker atau tumor.

Workshop ini akan diresmikan oleh Kepala LAPAN Prof. Dr. Thomas Djamaluddin dan dihadiri oleh perwakilan JAXA yaitu Ketua Komite Eksekutif APRSAF/ APRSAF Executive Committee (ExCOM) Chair Mr. Yoshinori Yoshimura dan perwakilan The Space Environment Utilization Working Group (SEUWG) APRSAF Mr. Yoshiya Fukuda. Dalam workshop ini, peserta akan mendapat materi dari para pembicara dari Jepang, Indonesia, dan Nepal.

Workshop ini merupakan rangkaian agenda pertemuan APRSAF ke-22 yang akan diselenggarakan di Bali, pada Desember 2015 mendatang. 


Files Download : PRESS_RELEASE-1st_Workshop_KIBO.pdf





Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL