Kompetensi Utama

Layanan


Ada 20 Ribu Jenis Sampah Antariksa Dunia
Penulis : Ani Nursalikah • Media : republika.co.id • 07 Jun 2015 • Dibaca : 32541 x ,

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin mengatakan jumlah sampah antariksa yang beterbangan di atas ruang angkasa seluruh dunia mencapai 20 ribu jenis kepingan.

"Kami harus memantau sampah-sampah tersebut yang berserakan di angkasa," kata Thomas usai menandatangani kerja sama antar instansi dan universitas nasional di Jakarta, Senin (1/6).

Alasan pemantauan secara berkala adalah untuk menghindari tabrakan dengan satelit Indonesia dan juga mengantisipasi adanya potensi jatuh ke bumi.

"Potensi jatuh tetap ada makanya, harus terus diawasi dan memperingatkan masyarakat serta lembaga terkait guna menghindari efek bahaya yang timbul dari sampah tersebut jika jatuh," tuturnya.
Saat ini Lapan belum mempunyai teknologi canggih yang mamadai untuk membersihkan sampah-sampah tersebut, namun usaha penelitian tetap diarahkan untuk menuju ke arah perbaikan angkasa Indonesia.

"Salah satu cara mengembangkan iptek adalah dengan mengadakan kerja sama seperti ini, karena kami juga akan banyak mendapat masukan ilmu," ujarnya.

Salah satu bentuk kerja sama yang disebutkan adalah pemanfaatan teknologi antariksa untuk perencanaan pembangunan nasional. Untuk usaha ini diperlukan upaya menggandeng perguruan tinggi. Perguruan tinggi yang akan bekerja sama dengan Lapan adalah Universitas Udayana, Universitas Ahmad Dahlan dan Universitas Gadjah Mada.

Sumber : http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/15/06/06/npiijq-ada-20-ribu-jenis-sampah-antariksa-dunia








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL