Kompetensi Utama

Layanan


Tingkatkan Edukasi Keantariksaan, LAPAN Gelar Workshop Komurindo 2015
Penulis Berita : Humas/SA • Fotografer : Humas/Apr • 08 Jun 2015 • Dibaca : 21931 x ,

Peneliti Pustekbang LAPAN Yudha Agung Nugroho (kesatu dari kiri) menjelaskan tentang muatan roket kepada peserta workshop Komurindo 2015.

Kompetisi Muatan Roket dan Roket Indonesia (Komurindo) 2015 telah melewati dua tahap evaluasi, yaitu evaluasi proposal dan evaluasi laporan perkembangan. Sebelum memasuki masa kompetisi pada Agustus 2015 mendatang, LAPAN mengundang seluruh peserta Komurindo yang lolos dua tahap evaluasi untuk hadir dalam workshop Komurindo 2015. Workshop dilaksanakan di Kantor Pusat LAPAN pada Senin (8/6). 

Kepala Biro Kerjasama dan Humas LAPAN Agus Hidayat menyampaikan bahwa Komurindo 2015, yang merupakan bagian dari kegiatan edukasi keantariksaan, adalah hasil kerja sama LAPAN dengan Kemenristekdikti. Edukasi keantariksaan di LAPAN, Agus menambahkan, dilaksanakan oleh Biro Kerjasama dan Humas dan pelaksanaan teknis Komurindo 2015 didukung oleh Pusat Teknologi Roket LAPAN. 

Sebagai bagian penting dari edukasi keantariksaan LAPAN kepada publik, mulai tahun ini dan seterusnya Komurindo akan diselenggarakan setiap Agustus. Pasalnya, pada 6 Agustus akan dicanangkan sebagai Hari Antariksa Nasional. “Selain itu, juga dalam rangkaian peringatan hari kebangkitan teknologi nasional (hakteknas) setiap 10 Agustus. Tempat pelaksanaan Komurindo 2015 dan seterusnya akan tetap di Pameungpeuk,” kata Agus. LAPAN memiliki Balai Produksi dan Pengujian Roket (BPPR) di Pameungpeuk, Garut, Jawa Barat. 
 
Sekretaris utama LAPAN I.L. Arisdiyo menyambut baik pelaksanaan workshop ini. Menurutnya, pemilihan lokasi kompetisi di LAPAN Pameungpeuk merupakan bagian dari rencana mengembangkan fungsi edukasi keantariksaan di seluruh fasilitas LAPAN. 

Workshop diikuti oleh 40 tim yang lolos seleksi Komurindo tahap II yang terdiri dari 20 tim kategori muatan roket dan 20 tim kategori roket electric ducted fan (EDF). Mereka berasal dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia. Masing-masing tim beranggotakan tiga mahasiswa dan satu dosen pembimbing. Dalam workshop ini, peserta wajib menyampaikan presentasi mengenai muatan roket atau roket EDF yang tengah mereka bangun. 

Komurindo 2015 dilaksanakan untuk menumbuhkan dan meningkatkan rasa persatuan, kesatuan, nasionalisme serta cinta dirgantara melalui teknologi penerbangan dan antariksa pada mahasiswa dan masyarakat umum. Selain itu, Komurindo 2015 diharapkan mampu meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam rancang bangun, pengujian, teknologi penginderaan jauh dan sistem otomasi robotika pada muatan roket dan roket EDF.      


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL