Kompetensi Utama

Layanan


Dukung Litbang Penerbangan, LAPAN Miliki Pilot
Penulis Berita : Humas/Sur • Fotografer : Humas/Sur • 11 Jun 2015 • Dibaca : 11486 x ,

Pilot LAPAN (baris kedua, dua dari kanan) wisuda pendidikan pilot untuk memperoleh sertifikat PPL.

LAPAN terus berupaya meningkatkan kemampuan penelitian dan pengembangan di bidang penerbangan. Bukan hanya meningkatkan kapasitas peneliti dan perekayasanya, LAPAN juga mulai meningkatkan kapasitas penerbang guna mendukung kegiatan litbang.

Pilot LAPAN, Febrian Kendari Ardhyansah Siahaan, telah menyelesaikan pendidikan pilot selama enam bulan di Dirgantara Pilot School Tasik (DPST). Wisuda pendidikannya berlangsung di Gedung Klub Eksekutif Perdana, Kamis (11/6). Dalam wisuda tersebut, Febri memperoleh sertifikat Private Pilote License (PPL).

Sertifikat tersebut merupakan izin terbang yang digunakan khusus untuk penerbangan pribadi. Lisensi tersebut diperoleh melalui durasi latihan terbang selama 55 jam. Untuk memperoleh PPL, para siswa harus memenuhi semua persyaratan untuk mendapatkan izin terbang serta telah disetujui oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara dan International Civil Aviation Organization (ICAO). Izin tersebut dapat diperoleh setelah siswa memenuhi semua modul latihan, menyelesaikan beberapa ujian teori, serta demonstrasi terbang di hadapan tim penguji.

Di masa depan, LAPAN akan kembali mengirimkan pilot untuk pendidikan lanjutan. Tujuannya yaitu agar LAPAN memiliki pilot dengan sertifikat Commercial Pilot License (CPL). CPL merupakan izin untuk menerbangkan pesawat dengan tujuan komersial termasuk membawa pesawat komersial dengan penumpang.

Saat ini, LAPAN memiliki berbagai kegiatan terkait litbang penerbangan. Salah satunya yaitu pengembangan pesawat N219. N219 merupakan pesawat transportasi berkapasitas 19 penumpang. Nantinya pesawat ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan transportasi pesawat perintis yang dapat digunakan di daerah terpencil dan pulau-pulau kecil.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL