Kompetensi Utama

Layanan


Otomatisasi Penginderaan Jauh Bantu Atasi Persoalan SDA
Penulis : Arbi • Media : Harian Terbit • 18 Jun 2015 • Dibaca : 12971 x ,

Jakarta, HanTer - Indonesia merupakan negara dengan sumber daya alam (SDA) melimpah, baik dari sektor pertanian, kehutanan, perikanan, energi, dan sumber daya mineral. Namun, permasalahan yang dihadapi berbagai sektor itu tidak kalah banyak.

Kepala Pusat Pemanfaatan Penginderaan Jauh (Pusfatja) Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan), M Rokhis Khomarudin, menyatakan, pihaknya sudah mempersiapkan teknologi penginderaan jauh (inderaja) untuk mengatasi berbagai permasalahan tersebut.

“Kita sudah mengotomatisasi pengolahan data penginderaan jauh, sehingga masalah terkait sumber daya alam bisa terpantau secara lebih cepat dan akurat melalui penyajian data,” kata Rokhis pada Focus Group Discussion (FGD) Otomatisasi Pengolahan Data Penginderaan Jauh untuk Menjawab Tantangan dan Permasalahan Lingkungan Indonesia di Jakarta, seperti ditulis Selasa (16/6/2015).

Dengan begitu, kata dia, pihak-pihak terkait bisa mencari jalan keluar dengan informasi dan data yang disampaikan melalui teknologi inderaja. “Selain mempercepat penyajian informasi, otomatisasi pengolahan data itu akan mengurangi ketergantungan Indonesia pada peranti lunak asing berlisensi yang mahal dan data terstandar,” papar dia.

Diterangkan, teknologi inderaja memiliki keunggulan karena mampu menghasilkan data dengan cakupan yang luas, aktual, cepat, hemat, dan bersifat historis. Bahkan, penginderaan jauh juga sangat membantu dalam menyelesaikan permasalahan pertahanan dan keamanan, pemantauan wilayah strategis seperti wilayah perbatasan dan pulau-pulau kecil, serta kelautan.

Dalam mendukung pembangunan nasional, teknologi penginderaan jauh dimanfaatkan untuk kehutanan, pertanian, kelautan dan perikanan, pemantauan lingkungan, dan mitigasi bencana. Lapan sebagai penyedia data penginderaan jauh terus memberikan informasi tersebut kepada berbagai instansi pemerintah.

Salah satu data penginderaan jauh yang telah dimanfaatkan secara luas yaitu Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI), pemantauan fase pertumbuhan padi, dan tanggap darurat bencana. “Bukan hanya itu, bahkan teknologi penginderaan jauh mampu meningkatkan pendapatan negara seperti melalui pajak, efisiensi penangkapan ikan, dan efisiensi dalam peningkatan produktivitas tanaman padi,” ujarnya.

Sumber  : http://harianterbit.com/m/iptek/read/2015/06/17/32419/34/22/Otomatisasi-Penginderaan-Jauh-Bantu-Atasi-Persoalan-SDA








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL