Kompetensi Utama

Layanan


Otomatisasi Inderaja Atasi Permasalahan Lingkungan Indonesia
Penulis : Tety • Media : Possore.com • 18 Jun 2015 • Dibaca : 34223 x ,

JAKARTA (Pos Sore) – Indonesia, negara dengan sumberdaya alam melimpah baik dari sektor pertanian, kehutanan, perikanan, energi, dan sumber daya mineral. Meskipun memiliki kekayaan melimpah, namun Indonesia juga menghadapi banyak permasalahan lingkungan.

Contoh permasalahannya yaitu perubahan lahan hutan, degradasi lahan, pencemaran lingkungan, dan bencana. Permasalahan tersebut dapat dipantau untuk dicarikan jalan keluar dengan berbagai cara, salah satunya yaitu dengan menggunakan teknologi penginderaan jauh.

“Untuk itu, LAPAN membangun sistem otomatisasi Pengolahan Data Penginderaan Jauh untuk mendukung pengelolaan sumber daya alam, lingkungan, dan mitigasi bencana,” kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), Ir. Jasyanto, MM, saat memoderatori Focus Group Discussion bertajuk ‘Otomatisasi Penginderaan Jauh Atasi Permasalahan Lingkungan Indonesia’, di Jakarta.

Menurutnya, dengan adanya otomatisasi ini, informasi dari satelit penginderaan jauh dapat tersaji dengan lebih cepat dan akurat. Sistem tersebut akan terus dibangun sehingga Indonesia dapat mencapai kemandirian dalam bidang pengolahan data penginderaan jauh dan memaksimalkan pemanfaatan data penginderaan jauh untuk masyarakat.

Pihaknya menegaskan, teknologi penginderaan jauh memiliki keunggulan karena mampu menghasilkan data dengan cakupan yang luas, aktual, cepat, hemat, dan bersifat historis. Bahkan, penginderaan jauh juga sangat membantu dalam menyelesaikan permasalahan pertahanan dan keamanan, pemantauan wilayah strategis (seperti wilayah perbatasan dan pulau-pulau kecil), serta kelautan.

Dalam mendukung pembangunan nasional, teknologi penginderaan jauh dimanfaatkan untuk kehutanan, pertanian, kelautan dan perikanan, pemantauan lingkungan, dan mitigasi bencana. LAPAN sebagai penyedia data penginderaan jauh terus memberikan informasi tersebut kepada berbagai instansi pemerintah.

Salah satu data penginderaan jauh yang telah dimanfaatkan secara luas yaitu Zona Potensi Penangkapan Ikan (ZPPI), pemantauan fase pertumbuhan padi, dan tanggap darurat bencana. Bukan hanya itu, bahkan teknologi penginderaan jauh mampu meningkatkan pendapatan negara seperti melalui pajak, efisiensi penangkapan ikan, dan efisiensi dalam peningkatan produktivitas tanaman padi. 

Sumber : http://possore.com/2015/06/17/otomatisasi-inderaja-atasi-permasalahan-lingkungan-indonesia/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL