Kompetensi Utama

Layanan


Durasi Terlama Gerhana Matahari Total 2016 Terjadi di Luwuk, Sulawesi Tengah
Penulis Berita : Humas/SA • Fotografer : Humas/SA • 08 Jul 2015 • Dibaca : 13102 x ,

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Dr. Indroyono Soesilo (kiri) dan Kepala LAPAN Prof. Dr. Thomas Djamaluddin (kanan) saat rapat koordinasi di Gedung BPPT I, Selasa (7/7).

Gerhana matahari total (GMT) pada 9 Maret 2016 diprediksikan melewati 10 provinsi dan sejumlah lokasi wisata andalan Indonesia. Jalur GMT tersebut bermula dari Palembang (Sumsel), Bangka Belitung (Babel), Sampit (Kalimantan Tengah), Palangka Raya (Kalimantan Tengah), Balikpapan (Kalimantan Timur), Palu, Poso, Luwuk (Sulawesi Tengah), Ternate hingga Halmahera (Maluku Utara). GMT nanti akan berlangsung selama 4 menit 9 detik dan durasi GMT terlama diperkirakan akan terjadi di Luwuk.

“Luwuk menjadi daerah yang dilintasi gerhana dengan durasi lama, sekitar 2 menit 50 detik,” kata Kepala LAPAN Prof. Dr. Thomas Djamaluddin dalam rapat rencana World Total Solar Eclipse Conference di Kantor Menko Kemaritiman, Gedung BPPT I, Jakarta Pusat, Selasa (7/7). Menurut Thomas, GMT tersebut akan berlangsung pada pagi hari tepat ketika matahari beranjak naik dari ufuk timur. Di Luwuk, fase GMT terjadi pada pukul 08.41 WITA. 
 
Total lebar jejak GMT tersebut di muka bumi adalah 155 kilometer. Selain itu, daerah lain di Indonesia bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian pada 9 Maret 2016 mendatang. Daerah-daerah tersebut diantaranya Padang, Jakarta, Bandung, Surabaya, Pontianak, Denpasar, Banjarmasin, Makassar, Kupang, Manado dan Ambon. Di Jakarta, gerhana matahari sebagian terjadi mulai pukul 6.19 WIB. 

GMT akan kembali berlangsung di tempat yang sama dalam periode 350 tahun. Sebelumnya, GMT pernah melintasi Indonesia pada 11 Juni 1983 dengan cakupan area berbeda dengan GMT 2016. “Di antara 20 kejadian gerhana matahari yang terjadi antara tahun 2001 hingga 2020, hanya terdapat 1 gerhana matahari total dan 2 gerhana matahari cincin yang teramati di Indonesia,” Thomas menambahkan. Selain itu, Thomas menambahkan, durasi terpanjang GMT yang pernah tercatat adalah 7,5 menit. 

Menko Kemaritiman Dr. Indroyono Soesilo menanggapi positif GMT 2016 sebagai ajang untuk menarik wisatawan asing ke Indonesia. Indroyono mengusulkan konferensi internasional terkait GMT di Jakarta. “Setelah itu, rencananya peserta konferensi kita mobilisasi ke Belitung sebagai pusat lokasi pengamatan GMT menggunakan kapal-kapal milik PELNI dan TNI AL,” ujar Indroyono. 

Indroyono berharap, ‘perayaan’ fenomena GMT 2016 bisa dikoordinasikan dengan baik antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah terutama yang daerahnya dilintasi GMT. Selain peningkatan sektor pariwisata, Indroyono berharap kearifan, kebudayaan dan kekayaan lokal di setiap daerah yang dilintasi GMT bisa dikenal oleh masyarakat internasional. 



Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL