Kompetensi Utama

Layanan


Satelit Pantau Aktivitas Gunung Raung
Penulis Berita : Humas/Meg • Fotografer : dok. Pusfatja • 15 Jul 2015 • Dibaca : 30125 x ,

Saat ini Gunung Raung di Jawa Timur erupsi. Untuk itu, LAPAN terus membantu mitigasi bencana alam meletusnya gunung tersebut melalui teknologi antariksa. Seperti yang telah diketahui, teknologi antariksa sangat efisien dalam memantau permukaan bumi, terutama dalam mitigasi bencana.

Bahkan, citra satelit telah menjadi komponen yang penting dalam kegiatan tersebut. Hal ini disebabkan, satelit memiliki kemampuan yang baik dalam memperoleh potret kondisi wilayah bencana secara menyeluruh. Potret tersebut sangat diperlukan dalam merencanakan aksi penanganan bencana.

Berikut adalah kondisi Gunung Raung dilihat dari citra satelit beresolusi tinggi (SPOT- 7) yang diakuisisi stasiun bumi LAPAN pada 2 Juli 2015. Dari Gambar 1 terlihat potret kubah lava Gunung Raung. Melalui gambar tersebut dapat terlihat pula arah abu vulkanik yang keluar dari kubah lava. Gambar 1 juga menunjukkan klasifikasi tingkat bahaya bagi wilayah-wilayah di sekitar Gunung Raung. Warna merah menunjukkan kelas bahaya tinggi, warna kuning kelas bahaya sedang, dan warna hijau kelas bahaya rendah.

Sementara itu, pada Gambar 2, terlihat radius wilayah bahaya berdasarkan kelasnya. Dari gambar tersebut, dapat dilihat kemungkinan adanya pemukiman yang berada pada wilayah bahaya. Citra satelit tersebut akan membantu pihak-pihak terkait sepert iBadan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan pemerintah daerah dalam melaksanakan mitigasi bencana dan rencana evakuasi bila diperlukan.


Gambar 1





Gambar 2



Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL