Kompetensi Utama

Layanan


Paparkan Peran dalam UNCOPUOS, LAPAN Bimbing Peserta Model UN
Penulis Berita : Humas/Happy • Fotografer : Humas/Happy • 26 Jul 2015 • Dibaca : 10298 x ,

Kepala Biro Kerjasama dan Humas bersama peserta JMUN

Salah satu penentu masa depan bangsa Indonesia adalah para generasi muda Bangsa Indonesia. Setiap generasi muda Indonesia merupakan faktor penting yang sangat diandalkan oleh bangsa Indonesia dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan juga mempertahanankan kedaulatan bangsa. Di era globalisasi ini, para generasi muda dituntut harus dapat menyikapi perkembangan yang terjadi di dunia. Menyadari pentingnya generasi muda, Persatuan Pelajar Indonesia untuk Studi Internasional (ISAFIS) mengadakan Jakarta Model United Nations (JMUN).

Jakarta Model United Nations (JMUN) adalah International Model United Nations (MUN) di Indonesia yang menawarkan menawarkan kesempatan untuk mengalami tantangan negosiasi internasional dan diplomasi. Dalam JMUN, peserta bertindak sebagai diplomat dari negara tertentu kemudian mendiskusikan isu-isu internasional seperti proses yang terjadi pada sebuah konferensi PBB. Sepanjang konferensi, para delegasi akan mendapatkan wawasan kerja PBB dengan aktif berpartisipasi dalam penyelesaian isu-isu global penting. Tahun ini, JMUN diselenggarakan di Universitas Katolik Atma Jaya, Jakarta, Sabtu (25/7).

Pada kesempatan ini, LAPAN turut serta mengambil peran dalam memberikan masukan dan materi kepada partisipan terhadap Draft Resolution United Nations Committee on the Peacefull Uses of Outer Space (UNCOPUOS) yang dirumuskan oleh setiap grup. Kepala Biro Kerjasama dan Humas LAPAN, Agus Hidayat, hadir sebagai expert dan memberikan bimbingan kepada partisipan mengenai Space Debris Mitigation (mitigasi sampah antariksa). Ia menyampaikan bahwa Indonesia mendukung UNCOPUOS mengenai space debris mitigation yang disampaikan melalui sidang UNCOPUOS setiap tahunnya. Namun, hingga saat ini, pemerintah Indonesia belum mengadopsi mekanisme nasional guna mengatur hal tersebut. Selain Agus Hidayat, diundang pula expert dari Kementerian Luar Negeri, Evy S. Heliana.

Melalui kesempatan ini pula, Happy Rumiris, staf Kerjasama Internasional LAPAN sekaligus sebagai National Point of Contact for Indonesia memperkenalkan Space Generation Advisor Council (SGAC) kepada partisipan karena organisasi ini merupakan wadah yang tepat bagi generasi muda untuk dapat berinteraksi dengan generasi muda diseluruh dunia dan menyampaikan suara dan ide khususnya dalam menciptakan kebijakan antariksa luar negeri. Hal ini sangat penting untuk disadari para generasi muda sebab mereka adalah para pemimpin dan pembuat kebijakan antariksa masa depan bangsa Indonesia.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL