Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN dengan Badan Antariksa Inggris Sepakat Kolaborasi Bidang Sipil Keantariksaan
Penulis Berita : Humas/SA • Fotografer : Humas/SA • 27 Jul 2015 • Dibaca : 40360 x ,

Menristekdikti M. Nasir dan Menteri Perdagangan dan Investasi Inggris Francis Maude menandatangani MoU di bidang sipil keantariksaan, disaksikan oleh Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Inggris David Cameron.

Kesepakatan bersama antara LAPAN dengan Badan Antariksa Inggris (UKSA) untuk berkolaborasi di bidang sipil keantariksaan ditandai dengan penandatanganan naskah MoU oleh Menristekdikti M. Nasir dan Menteri Perdagangan dan Investasi Inggris Francis Maude. Penandatanganan disaksikan oleh Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Inggris David Cameron di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (27/7). Kepala LAPAN Prof. Dr. Thomas Djamaluddin serta jajaran Menteri Kabinet Kerja juga hadir dalam acara tersebut.

Dalam naskah tersebut, kerja sama mencakup penelitian dan pengembangan bersama, pemanfaatan dan berbagi data satelit penginderaan jauh, serta berkolaborasi dan berbagi informasi penggunaan aplikasi keantariksaan. Para pihak juga sepakat saling mendukung hubungan dalam bidang akademik dan penelitian, merintis kegiatan-kegiatan komersil, serta peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM). Beberapa kegiatan peningkatan kapasitas SDM diantaranya pelatihan, konsultasi ahli, pertukaran personil, serta penyelenggaraan lokakarya, seminar atau konferensi. Naskah kerja sama ini berlaku selama lima tahun.

Sesaat sebelum penandatanganan, pemerintah Indonesia dan pemerintah Inggris melaksanakan pertemuan bilateral yang membicarakan mengenai peningkatan kerja sama Indonesia dan Inggris di berbagai bidang. Presiden Jokowi menyatakan, pemerintah Indonesia menyambut baik kerja sama dengan pemerintah Inggris. Selain bidang sipil keantariksaan, pemerintah Indonesia juga sepakat kerja sama di bidang maritim, bidang pemberantasan terorisme dan tindak kejahatan lintas batas, serta kerja sama kemitraan riset dan inovasi.

Rencananya, kegiatan kerja sama akan diikuti dengan pelaksanaan workshop dengan tema teknologi keantariksaan untuk keperluan kemaritiman pada Selasa (28/7). Kepala LAPAN akan memaparkan hasil litbang LAPAN dan kemungkinan kerja sama INARSSAT dengan Inggris. Menko Kemaritiman Dr. Indroyono Soesilo dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti direncanakan hadir dalam workshop tersebut.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL