Kompetensi Utama

Layanan


Sejumlah Perguruan Tinggi Ikuti Lomba Komurindo di Garut
Penulis : WB • Media : beritabekasi • 05 Aug 2015 • Dibaca : 32289 x ,

GARUT – Sebanyak 40 tim mengikuti Kompetisi Muatan Roket dan Roket Indonesia (Komurindo), Selasa (4/7). Bertempat di Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Pameungpeuk Garut.

Puluhan tim tersebut mengikuti kejuaraan tersebut di Lapangan Udara TNI AU serta Balai Produksi dan Pengujian Roket Lapan. Mereka datang dari sejumlah perguruan tinggi se-Indonesia.

Dalam kegiatan ini, para peserta komurindo meluncurkan muatan roket dan ditopang menggunakan roket yang telah disediakan panitia. Muatan roket yang diluncurkan berisi satelit kecil yang bisa merekam citra permukaan, ketinggian, suhu, dan indikator lainnya.

Roket diluncurkan menggunakan perangkatnya, sedangkan informasi atau data yang ditangkap oleh muatan roketnya akan diterima melalui antena masing-masing tim yang kemudian ditampilkan pada layar komputer. Sementara sejumlah tim lainnya meluncurkan roket EDF untuk dihitung jarak tempuhnya.

Komurindo merupakan kompetisi tahunan rancang bangun muatan roket dan roket EDF tingkat perguruan tinggi yang diselenggarakan sejak 2009. Dalam ajang ini, para mahasiswa ditantang untuk membangun sistem monitoring dan pengukuran yang stabil, akurat, dan presisi di bidang peroketan.

Komurindo tahun ini awalnya terdapat 25 tim kategori muatan roket dan 44 tim kategori roket EDF yang mengajukan proposal. Kemudian mereka menjalani penyaringan dan masing-masing kategori hanya meluluskan 20 tim menuju final. Sementara itu, awalnya terdapat 29 tim yang mengajukan proposal mengikuti kombat, namu hanya 16 di antaranya yang masuk tingkat final.

Kepala LAPAN, Thomas Djamaluddin, mengatakan para peserta Komurindo dan Kombat diharapkan menjadi pengembang keantariksaan. Kompetisi ini menjadi acara tahunan setiap Agustus untuk memperingati lahirnya Undang-Undang Keantariksaan.

“Diharapkan dengan kompetisi ini akan mendorong generasi muda memahami teknologi antariksa, satelit, dan roket. Kemudian menjadi sebuah edukasi bagi publik, sehingga masyarakat mengerti dan mendukung keantariksaan,” ujarnya.

Komurindo dan kombat merupakan upaya unuk menciptakan ajang yang memancing kreativitas generasi muda di bidang ilmu pengetahuan teknologi penerbangan dan antariksa. Tahun ini, perlombaan ini diikuti 27 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia. Kegiatan ini asalah hasil kerja sama LAPAN, Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi, serta Pemerintah Kabupaten Garut.(WP)

Sumber : http://beritabekasi.co.id/2015/08/sejumlah-perguruan-tinggi-ikuti-lomba-komurindo-di-garut/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL