Kompetensi Utama

Layanan


LAPAN Sukses Gelar Komurindo Kombat 2015
Penulis Berita : Humas/SA • Fotografer : Humas/SA • 05 Aug 2015 • Dibaca : 36980 x ,

Para juara Komurindo dan Kombat 2015 berfoto bersama Deputi Tekgan Dr. Rika Andiarti, Deputi Sains Afif Budiyono, dan jajaran pejabat LAPAN serta tim juri kompetisi.

Ruang integrasi roket LAPAN Pameungpeuk pada Selasa (4/8) malam itu semarak oleh riuh rendah suara peserta Kompetisi Muatan Roket dan Roket Indonesia (Komurindo) dan Kompetisi Muatan Balon Atmosfer (Kombat) 2015. Bagi mereka, malam pengumuman pemenang kompetisi adalah saat yang paling ditunggu. Atribut kemenangan mulai dari trofi, medali, dan plakat terpampang di hadapan mereka sebagai apresiasi atas kerja keras mereka selama kompetisi. Peserta semakin berharap cemas saat Ketua tim juri Komurindo Kombat 2015 Dr. Endra Pitowarno melangkah maju dan membacakan berita acara hasil rapat tim juri.

Pada Komurindo 2015 kategori muatan roket, penghargaan tertinggi didapatkan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, disusul oleh Politeknik Elektronik Negeri Surabaya (PENS) dan STIMIK Teknokrat Bandar Lampung di posisi II dan III. Sementara Universitas Telkom (Tel-U) Bandung, Institut Pertanian Bogor dan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) ditetapkan sebagai juara IV, ide terbaik dan desain terbaik. 

Untuk Komurindo 2015 kategori roket EDF, Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung berhasil menjadi juara pertama. UGM dan Politeknik Perkapalan Negeri (PPN) Surabaya menempati juara kedua dan ketiga, diikuti oleh PENS sebagai juara keempat. Sementara itu, ide dan desain terbaik jatuh kepada Tel-U dan Unikom. 

Kemudian pada Kombat 2015, tim dari Tel-U berhasil menempati urutan pertama diikuti oleh PENS dan Unikom sebagai juara kedua dan ketiga. Institut Teknologi Bandung (ITB) harus puas berada di posisi empat. Selain juara II, tim lainnya dari PENS berhasil menyabet juara ide terbaik pada Kombat 2015. Sedangkan untuk desain terbaik jatuh kepada Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). 

Menurut Endra, Tim Ararkula dari Tel-U mencetak keberhasilan tersendiri pada Kombat 2015. “Ararkula berhasil memperoleh nilai sempurna dan satu-satunya tim yang tidak pernah kehilangan kontak dan berhasil mengirimkan gambar udara,” Endro menjelaskan diikuti tepuk tangan peserta. Para juara kompetisi akan mendapatkan apresiasi berupa uang hadiah dan uang pembinaan bagi semua tim yang ikut kompetisi. 

Dalam sambutan sekaligus penutupan secara resmi Komurindo Kombat 2015, Deputi Teknologi Digantara LAPAN Dr. Rika Andiarti menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat kepada para pemenang kompetisi. 

“Saya ucapkan selamat kepada teman-teman yang sudah berhasil dengan misi-misinya. Tetapi pesan saya jangan kecil hati untuk yang belum berhasil. Banyak sekali hal yang sulit diprediksi di lapangan. Saya paham apabila saat di lapangan banyak masalah padahal percobaan sudah dilakukan berkali-kali dan berhasil,” Rika menjelaskan. 

Rika berpesan agar para peserta yang belum berhasil terus mencari dan menemukan penyebab ketidakberhasilan misi mereka dalam kompetisi ini. “Semangat ilmuan seperti itu. Jadi silakan dilihat kembali masalah apa yang terjadi, diselesaikan, semoga tahun depan bertemu lagi dengan misi yang lebih sulit lagi,” Rika menambahkan. 

Selan itu, Rika berharap pada kompetisi serupa di tahun mendatang peserta bisa berjumlah lebih banyak dan bervariasi dari Sabang sampai Merauke. Menyadari berbagai kendala pada pelaksanaan Komurindo Kombat 2015, Rika berbangga hati karena LAPAN mengambil inisiatif untuk menggelar kompetisi ini. 

“LAPAN mengganggap kompetisi ini penting dilakukan bukan saja untuk mengenalkan teknologi roket, tetapi juga pentingnya teknologi antariksa ini bisa dirasakan oleh semua,” imbuh Rika. Sebelum mengakhiri sambutannya, Rika mengajak para peserta kompetisi untuk ikut menyukseskan peluncuran satelit LAPAN A2 pada September 2015 mendatang di Badan Antariksa India (ISRO).


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL