Kompetensi Utama

Layanan


Logo Baru LAPAN Pendorong Semangat Menuju Pusat Unggulan Penerbangan dan Antariksa
Penulis Berita : Humas/ZAK-SA • Fotografer : Humas/SA • 19 Aug 2015 • Dibaca : 19181 x ,

Kepala LAPAN Prof. Dr. Thomas Djamaluddin meresmikan logo baru dan Mars LAPAN di kantor pusat LAPAN, Rawamangun, Kamis (6/8). (Insert foto: logo baru LAPAN)

Kepala LAPAN Prof. Dr. Thomas Djamaluddin resmi meluncurkan logo baru LAPAN pada Kamis (6/8) di kantor pusat LAPAN, Rawamangun. Logo baru tersebut otomatis menggantikan logo sebelumnya yang telah digunakan sejak 2006. Thomas berharap perubahan logo sejalan dengan dinamika organisasi serta memberikan semangat baru untuk kemajuan iptek keantariksaan di masa mendatang.

“Perubahan logo baru LAPAN diharapkan dapat memberikan aspek psikologis yang lebih visioner, berenergi, dan dinamis untuk mewujudkan kemandirian di bidang penerbangan dan antariksa nasional,” kata Thomas.

Peluncuran logo baru bertepatan dengan tanggal disahkannya Undang Undang Nomor 21 tentang Keantariksaan pada 6 Agustus 2013 silam. “Undang Undang Keantariksaan merupakan modal penting bagi bangsa Indonesia untuk mewujudkan kemandirian dan meningkatkan daya saing bangsa dan negara dalam penyelengaraan keantariksaan yang maju dan mandiri, serta menjadikan LAPAN sebagai pusat unggulan di bidang teknologi penerbangan dan antariksa,” Thomas menjelaskan. 

Logo baru LAPAN berbentuk wahana antariksa yang sedang meluncur ke arah kanan atas dengan tulisan LAPAN di bagian bawah wahana antariksa. Wahana antariksa tersebut digambarkan dengan empat bentuk eliptik dengan empat ukuran berbeda. Secara filosofis, wahana antariksa yang sedang meluncur melambangkan lembaga keantariksaan yang bertekad mencapai cita-cita tinggi menuju Indonesia yang maju dan mandiri. 

Empat bentuk eliptik sekaligus melambangkan empat kompetensi LAPAN yaitu Sains Antariksa dan Sains Atmosfer, Teknologi Penerbangan dan Antariksa, Penginderaan Jauh, dan Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa. Warna logo baru LAPAN masih mempertahankan warna biru langit sebagai ciri LAPAN sebagai lembaga keantariksaan, serta warna kuning api sebagai lambang semangat pendorong kemajuan dan kemandirian.

Perubahan logo LAPAN melibatkan partisipasi publik melalui tata cara sayembara. Tujuannya ialah untuk mendengar, mengerti dan memahami aspirasi publik atas citra LAPAN yang telah dibangun selama 52 tahun. Selain itu, LAPAN ingin melibatkan publik dalam mencapai cita-cita Indonesia yang maju dan mandiri di bidang penerbangan dan antariksa.
 
Sayembara diikuti oleh 2.079 peserta dengan total karya logo LAPAN terima sebanyak 640 desain. Tim juri yang berasal dari para pakar di berbagai bidang serta perwakilan LAPAN kemudian memilih 23 peserta untuk mempresentasikan karya desain logo mereka. Hasil seleksi akhir menetapkan 1 karya sebagai pemenang utama dan 10 lainnya sebagai pemenang nominasi. Sebagai bentuk apresiasi, LAPAN memberi imbalan hadiah atas ide dan proses kreatif mereka.

Bersamaan dengan logo baru, Thomas juga memperkenalkan lagu Mars LAPAN yang diharapkan memberi semangat semua pegawai LAPAN untuk terus meningkatkan kinerja dan kompetensi untuk menjadi pusat unggulan. Kompetensi harus ditunjukkan sebagai bukti keunggulan dalam meningkatkan pelayanan informasi, produk teknologi hasil litbang maupun layanan data. “Kami ingin menunjukkan bahwa LAPAN bisa memberikan hal yang bermanfaat bagi pembangunan nasional,” ujar Thomas. 

Selain itu, sebagai bentuk peningkatan pelayanan publik, LAPAN juga menandatangani naskah kerja sama dengan beberapa mitra kerja sama (stakeholder), diantaranya Pemprov Bangka Belitung, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, dan Pemkab Tanjung Jabung Barat. Pada bidang penginderaan jauh untuk keperluan perikanan, LAPAN memperkuat sinergi dengan PT Perikanan Nusantara.

Menurut Thomas, kerja sama penting untuk saling memperkuat kompetensi dan menyempurnakan layanan LAPAN kepada seluruh mitra pemerintah daerah. “Strateginya, kerja sama dilakukan berbasis pada tingkat provinsi, untuk selanjutnya dilakukan pembinaan ke tingkat kota maupun kabupaten. Sehingga layanan akan lebih efektif dan menyebar ke seluruh wilayah Indonesia,” kata Thomas.


Your Comments
No Comments Results.
Comment Form












Please retype the characters from the image below :


Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL