Kompetensi Utama

Layanan


Ingin Sejajar Dengan Negara Maju dalam Hal Eksploitasi Angkasa, Lapan Luncurkan Logo Baru
Penulis : NN • Media : mediasionline.com • 07 Aug 2015 • Dibaca : 26204 x ,

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) memperkenalkan logo baru kepada masyarakat. Dengan logo baru ini, Lapan benar-benar menunjukkan jati diri, sebagai sebuah wahana antariksa. Dalam logo baru itu terlihat sebuah roket atau wahana antariksa yang sedang meluncur ke angkasa.

Ini merupakan mimpi Indonesia yang akan diwujudkan Lapan, untuk bisa bergabung bersama negara-negara lain, baik Amerika, Rusia, China, maupun India, untuk bisa mengeksplorasi angkasa. “Arti dari logo tersebut tersemat dalam pasal 1 hingga pasal 6, nomor 6 tahun 2015 tentang Logo Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional,” ujar Kepala Hubungan Masyarakat Lapan, Jasyanto, kepada wartawan di kantor Lapan, kawasan Rawamangun Jakarta Timur, Kamis (6/8 2015).

Logo digambarkan dengan empat bentuk eliptik berbeda ukuran. Secara filosofis, wahana antariksa yang sedang meluncur melambangkan lembaga keantariksaan yang bertekad mencapai cita-cita tinggi menuju Indonesia yang maju dan mandiri.

Sementara itu, empat bentuk eliptik sekaligus melambangkan empat kompetensi Lapan, yaitu Sains Antariksa dan Sains Atmosfer, Teknologi Penerbangan dan Antariksa, Penginderaan Jauh, serta Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa,” kata dia.

Sementara itu, dari warnanya, Lapan masih mempertahankan warna terdahulunya, yakni biru langit. Sebab, warna itu sebagai tanda kalau instansinya berperan menjadi lembaga keantariksaan, serta warna kuning api sebagai lambang semangat pendorong kemajuan dan kemandirian.

Seperti diketahui sebelumnya, logo baru badan antariksa Indonesia ini merupakan hasil dari sayembara yang telah dilakukan oleh Lapan beberapa waktu lalu.

Pada sayembara logo baru lembaga pemerintah nonkementerian itu, setidaknya diikuti oleh 2.079 peserta dengan total karya logo Lapan yang diterima sebanyak 640 desain. Untuk menentukan pemenangnya, Lapan melibatkan tim juri yang berasal dari para pakar di berbagai bidang serta perwakilan Lapan. Kemudian, memilih 23 peserta untuk mempresentasikan karya desain logo mereka.

Pemenang utama ialah Agung Setiawan yang berasal dari Bandung. Karya desainnya mewakili visi dan misi Lapan untuk menjadi pusat unggulan penelitian dan pengembangan di bidang penerbangan dan antariksa di Indonesia.

“Logo baru diperkenalkan hari ini, 6 Agustus, bertepatan dengan lahirnya Undang-Undang Keantariksaan, Nomor 21 Tahun 2013,” jelas Jasyanto.

Sumber:http://mediasionline.com/news/ingin-sejajar-dengan-negara-maju-dalam-hal-eksploitasi-angkasa-lapan-luncurkan-loga-baru/








Related Posts
No Related posts

Kontak kami :
LAPAN
Jl. Pemuda Persil No.1 Jakarta 13220 Telepon (021) 4892802 Fax. 4892815




© 2019 - LEMBAGA PENERBANGAN DAN ANTARIKSA NASIONAL